PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KELAS V MI MA’ARIF NU 01 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Miftahul H, 102335072
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/2/Miftahul%20H_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/
ctrlnum 1201
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KELAS V MI MA&#x2019;ARIF NU 01 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014</title><creator>Miftahul H, 102335072</creator><subject>2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah</subject><subject>371.3 Methods of Instruction and Study</subject><description>Penelitian ini sangat sesuai dengan masalah yang ada yaitu kurangnya peran serta aktif peserta didik ketika mengikuti pembelajaran serta masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Selain itu materi bangun datar merupakan materi yang abstrak, yang mana membutuhkan imajinasi yang tinggi bagi setingkat SD/MI dalam memahami konsep. Maka dengan model pembelajaran group investigation peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran dan mempunyai pengalaman dalam mengadakan penyelidikan tentang sifat-sifat bangun datar.&#xD; Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika materi bangun datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI akan terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar.&#xD; Subyek penelitian adalah siswa kela V MI Ma&#x2019;arif NU 01 Kembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Selanjutnya dianalisis dengan mengklasifikasikan data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada pra siklus siswa yang tuntas hanya 10 siswa (37,03%), ketuntasan belajar pada siklus I adalah 13 siswa tuntas (48,14%), serta ketuntasan pada siklus II adalah 23 siswa tuntas (85,18%). Kesimpulannya adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun datar pada siswa kelas V MI Ma&#x2019;arif NU 01 Kembangan.&#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci :&#xD; Peningkatan hasil belajar, mata pelajaran matematika, model pembelajaran GI</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/2/Miftahul%20H_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf</identifier><identifier> Miftahul H, 102335072 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KELAS V MI MA&#x2019;ARIF NU 01 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>1201</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Miftahul H, 102335072
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KELAS V MI MA’ARIF NU 01 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
publishDate 2014
topic 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
371.3 Methods of Instruction and Study
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/2/Miftahul%20H_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/
contents Penelitian ini sangat sesuai dengan masalah yang ada yaitu kurangnya peran serta aktif peserta didik ketika mengikuti pembelajaran serta masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Selain itu materi bangun datar merupakan materi yang abstrak, yang mana membutuhkan imajinasi yang tinggi bagi setingkat SD/MI dalam memahami konsep. Maka dengan model pembelajaran group investigation peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran dan mempunyai pengalaman dalam mengadakan penyelidikan tentang sifat-sifat bangun datar. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika materi bangun datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI akan terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar. Subyek penelitian adalah siswa kela V MI Ma’arif NU 01 Kembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Selanjutnya dianalisis dengan mengklasifikasikan data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada pra siklus siswa yang tuntas hanya 10 siswa (37,03%), ketuntasan belajar pada siklus I adalah 13 siswa tuntas (48,14%), serta ketuntasan pada siklus II adalah 23 siswa tuntas (85,18%). Kesimpulannya adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun datar pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Kembangan. Kata Kunci : Peningkatan hasil belajar, mata pelajaran matematika, model pembelajaran GI
id IOS3655.1201
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2016-11-09T04:47:33Z
last_indexed 2020-01-16T04:48:20Z
recordtype dc
_version_ 1763141783567466496
score 17.538404