Daftar Isi:
  • Supervisi kepala madrasah merupakan suatu proses yang dirancang secara khusus untuk membantu para guru dalam mempelajari tugas-tugasnya sehari-hari di madrasah, agar mereka dapat melaksanakan tugas mengajarnya lebih baik dan meningkatkan kinerja guru lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru yang akan berdampak pada kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan suatu fenomena atau peristiwa dari objek yang diteliti. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dilihat dari perubahan kondisi madrasah menjadi lebih baik dan ada perubahan yang signifikan baik dari segi pengelolaan administrasi kelas dan kegiatan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Sehingga Selain tenaga pendidik sendiri di MA Al-Rahmah sudah baik karena guru sudah bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban sangat baik, administrasi kelas dibuat dengan baik. Hal tersebut karena dorongan, motivasi dan semangat yang diberikan kepala madrasah akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru. Kata Kunci: Supervisi Kepala Madrasah, Kinerja Guru.