Daftar Isi:
  • Nama :Fuji Alfianti, NIM : 152102097, Judul Skripsi : Efektivitas Penggunaan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Ayat-ayat Al-Qur’an (Studi di TPA Sabilal Qur’an) Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih ada yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, masih ada yang belum bisa membedakan bacaan panjang dan pendek dan ada yang tidak fokus ketika membaca Al-Qur’an.Lembaga TPA Sabilal Qur’an telah mengupayakan untuk siswanya dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, dengan mengadakan berbagai kegiatan pembelajaran salah satunya pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati. Metode tilawati merupakan metode pengembangan dari metode-metode sebelumnya. Dengan metode tilawati ini dapat memudahkan siswa membaca Al-Qur’an, karena metode ini menggunakan irama lagu rost yang mudah untuk diingat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana kemampuan membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan metode tilawati di TPA Sabilal Qur’an? Bagaimana pelaksanaan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca ayat-ayat Al-Qur’an di TPA Sabilal Qur’an? Bagaimana efektivitas penggunaan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca ayat-ayat Al-Qur’an di TPA Sabilal Qur’an?. Tujuan dari penelitian ini adalah, Untuk mengetahui kemampuan membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan metode tilawati di TPA Sabilal Qur’an, Untuk mengetahui pelaksanaan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca ayat-ayat Al-Qur’an di TPA Sabilal Qur’an, Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca ayat-ayat Al-Qur’an di TPA Sabilal Qur’an. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teori Miles and Huberman, langkah-langkah analisis meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verification. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan membaca Alqur’an anak kelas 1 TPA Sabilal Qur’an semakin hari semakin meningkat dan peka terhadap bacaan yang kurang benar. pelaksanaannya menggunakan 2 teknik yaitu secara klasikal dan baca simak. penggunaan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca ayat-ayat Al-Qur’an di TPA Sabilal Qur’an sangat efektif, karena sarana prasarana sangat memadai dan anak tidak jenuh karena metode tilawati ini menggunakan nada sehingga anak dapat dengan mudah mengingatnya.