PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS(Eksperimen di MTs Manbaul Huda Kab.Tangerang)
Daftar Isi:
- Hasil belajar itu sangat penting sekali dalam mencapai hasil belajar yang optimal, hal itu perlu adanya metode, salah satunya adalah melalui metode cooperative script. Metode ini bertujuan mendorong siswa agar berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang termuat dalam naskah/skrip yang disajikan tersebut dan diharapkan dapat memperoleh hasil belajar yang optimal. Metode pembelajaran Cooperative Script ini dirasa sangat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa Madrasah Tsanawiyah, karena metode ini membuat siswa lebih aktif dalam berfikir dari materi yang diberikan oleh guru secara langsung. Selain itu juga pembelajaran ini akan lebih bermakna karena siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Sehingga diharapkan siswa dapat lebih efektif dalam menjalani proses pembelajaran alQuran hadis di Sekolah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penggunaan penerapan metode cooperative script? 2). Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran hadis? 3). Apakah terdapat pengaruh metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eskperimen mata pelajaran al-Quran hadis di MTs Manbaul Huda Kab. Tangerang. Tujuan Penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui penggunaan metode cooperative script 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran hadis 3). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eskperimen mata pelajaran al-Quran hadis di MTs Manbaul Huda Kab. Tangerang?, Adapun manfaat diadakannya penelitian ini adalah 1). Untuk Guru menjadi masukan yang positif bagi guru yang bertugas sebagai pendidik dan pengajar, untuk selalu berusaha membangkitkan motivasi belajar bimbingannya, 2). Untuk Siswa agar mendorong potensi belajar yang dimiliki siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran, sangat berperan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran al-Quran Hadis, 3). Untuk Lembaga dan Masyarakat dapat memberikan sumbangan yang positif bagi lembaga dan masyarakat dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan dalam setiap kegiatan dapat mencapai tujuan yang diharapkan oleh sistem pemerintah sesuai dengan keinginan masyarakat yang mengelola pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Manbaul Huda Kab. Tangerang, dengan jumlah sampel 42 siswa yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true exsperimental, dengan teknik pengumpulan data: observasi, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini berdasarkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran hadis di MTs Manbaul Huda Tangerang, sebelum menggunakan metode cooperative script pada kelas kontrol mendapatkan hasil nilai 62 dan setelah menggunakan metode pembelajaran 70,5. Kemudian tingkat hasil kelas eksperimen sebelum menggunakan metode 72 dan setelah menggunakan metode pembelajaran 78,5. Dan data variable Y diperoleh nilai 2 hitung= 1,31 dan 2 table 11,07, yaitu, 1,31 < 11,07. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa penggunaan metode cooperative script mempunyai pengaruh dalam memperoleh hasil belajar siswa Dari hasil analisis data terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan metode cooperative script diterapkan. Dilihat dari F hitung > F tabel, 4,73 > 2,12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variable penggunaan metode cooperative script (X) terhadap variable hasil belajar al-Quran hadist (Y). Sehingga bisa diartikan bahwa penggunaan metode cooperative script berpengaruh positif terhadap hasil belajar al-Quran hadis.