ctrlnum 3696
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/</relation><title>Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla&#x2019;ul Anwar Tangerang-Putat).</title><creator>Noviyanti, Noviyanti</creator><subject>371 Sekolah &amp; kegiatan mereka; pendidikan khusus </subject><description>Noviyanti, 142400748. 2018. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla&#x2019;ul Anwar Tangerang-Putat).&#xD; &#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesesuaian model pembelajaran pada metari Ilmu Pengetahuan Alam, penelitian ini dilaksanakan MIS Mathla&#x2019;ul Anwar Tangerang. Kesesuaiaan dan ketepatan penggunaan model pembelajaran perlu diperhatikan guna tercapainya peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medel discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MIS Mathla&#x2019;ul Anwar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Mathla&#x2019;ul Anwar diambil dengan cara melalukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Penelitian ini menggunakan Pretest-Postest non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung pada uji t kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (Sig&lt; 0,05).&#xD; &#xD; Kata Kunci :model discovery learning, hasil belajar siswa</description><date>2019-05-07</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/2/surat%20pernyataan%20skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/6/BAB%204%20BENER%20BANGET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/8/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Noviyanti, Noviyanti (2019) Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla&#x2019;ul Anwar Tangerang-Putat). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SMH BANTEN. </identifier><recordID>3696</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Noviyanti, Noviyanti
title Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat)
publishDate 2019
topic 371 Sekolah & kegiatan mereka
pendidikan khusus
url http://repository.uinbanten.ac.id/3696/1/COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3696/2/surat%20pernyataan%20skripsi.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3696/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3696/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3696/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3696/6/BAB%204%20BENER%20BANGET.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3696/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3696/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3696/
contents Noviyanti, 142400748. 2018. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesesuaian model pembelajaran pada metari Ilmu Pengetahuan Alam, penelitian ini dilaksanakan MIS Mathla’ul Anwar Tangerang. Kesesuaiaan dan ketepatan penggunaan model pembelajaran perlu diperhatikan guna tercapainya peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medel discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MIS Mathla’ul Anwar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Mathla’ul Anwar diambil dengan cara melalukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Penelitian ini menggunakan Pretest-Postest non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung pada uji t kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (Sig< 0,05). Kata Kunci :model discovery learning, hasil belajar siswa
id IOS3645.3696
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2019-05-22T09:40:24Z
last_indexed 2019-05-22T09:40:24Z
recordtype dc
_version_ 1765163629696516096
score 17.538404