Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat)
ctrlnum |
3696 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/</relation><title>Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat).</title><creator>Noviyanti, Noviyanti</creator><subject>371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus </subject><description>Noviyanti, 142400748. 2018. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat).

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesesuaian model pembelajaran pada metari Ilmu Pengetahuan Alam, penelitian ini dilaksanakan MIS Mathla’ul Anwar Tangerang. Kesesuaiaan dan ketepatan penggunaan model pembelajaran perlu diperhatikan guna tercapainya peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medel discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MIS Mathla’ul Anwar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Mathla’ul Anwar diambil dengan cara melalukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Penelitian ini menggunakan Pretest-Postest non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung pada uji t kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (Sig< 0,05).

Kata Kunci :model discovery learning, hasil belajar siswa</description><date>2019-05-07</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/2/surat%20pernyataan%20skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/6/BAB%204%20BENER%20BANGET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/3696/8/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Noviyanti, Noviyanti (2019) Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SMH BANTEN. </identifier><recordID>3696</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Noviyanti, Noviyanti |
title |
Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat) |
publishDate |
2019 |
topic |
371 Sekolah & kegiatan mereka pendidikan khusus |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/3696/1/COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3696/2/surat%20pernyataan%20skripsi.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3696/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3696/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3696/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3696/6/BAB%204%20BENER%20BANGET.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3696/7/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3696/8/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3696/ |
contents |
Noviyanti, 142400748. 2018. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesesuaian model pembelajaran pada metari Ilmu Pengetahuan Alam, penelitian ini dilaksanakan MIS Mathla’ul Anwar Tangerang. Kesesuaiaan dan ketepatan penggunaan model pembelajaran perlu diperhatikan guna tercapainya peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medel discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MIS Mathla’ul Anwar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Mathla’ul Anwar diambil dengan cara melalukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Penelitian ini menggunakan Pretest-Postest non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung pada uji t kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (Sig< 0,05).
Kata Kunci :model discovery learning, hasil belajar siswa |
id |
IOS3645.3696 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2019-05-22T09:40:24Z |
last_indexed |
2019-05-22T09:40:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163629696516096 |
score |
17.538404 |