PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEER TUTORING (TUTOR SEBAYA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS(Studi di MTs Miftahul Huda Pasirnangka-Tigaraksa-Tangerang)

Main Author: ILYAS, AL RAJI
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/2084/1/COVER.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/2084/2/ABSTRAK.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/2084/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2084/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2084/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2084/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2084/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2084/
Daftar Isi:
  • Kurangnya inovasi dalam kegiatan pembelajaran menyebabkan siswa merasa jenuh dalam belajar dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Metode peer tutoring dapat menjadi alternatif dalam sebuah pembelajaran yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan diharapkan siswa mendapatkan nilai yang memuaskan. Alasan penulis menggunakan metode peer tutoring dikarenakan bahasa teman akan lebih mudah dipahami dan metode ini mampu menghilangkan rasa takut siswa dalam bertanya. Selain itu juga metode ini dapat mempererat hubungan antar sesama siswa sehingga mempertebal perasaan sosial. (Syaiful dan Aswan dalam Strategi belajar mengajar, 2013: 26). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Huda Pasirnangka, dan mengetahui pengaruh penggunaan metode peer tutoring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Huda Pasirnangka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan analisis tabel “t” didapatkan nilai “t” hitung sebesar 3,81. Penulis dapat menyimpulkan nilai “t” hitung dengan “t” tabel yaitu sebagai berikut: Dalam presentase 1% “t” tabelnya yaitu 2,660. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai “t” hitung lebih besar dari pada “t” tabel. Oleh sebab itu Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Ini menunjukan bahwa metode peer tutoring terdapat pengaruh dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits, dengan pengaruh signifikansinya sebesar 1,15. Kata kunci: metode pembelajaran, peer tutoring, hasil belajar, Al-Qur’an Hadits.