Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran banyak dit emukan problematika didalamnya, b aik itu problematika guru, siswa , sarana pembelajaran maupun materi yang diajarkan. Banyak problematika yang terjadi di kelas VIII seperti sarana dan prasarana pembelajaran, minat belajar siswa dan metode pembelajaran yang monoton. Proses pembelajaran merupakan inti dari kegiatan pendidikan. Oleh karena itu, proses pembelajaran seharusnya dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi masalah. Rum usan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apa problematika pembelajaran di kelas VIII?(2) Bagaimana upaya mengatasi problematika pembelajaran di kelas VIII? Penelitian ini bertujua n untuk mendeskripsikan: (1) Apa problem pembelajaran di kelas VIII , (2) Bagaimana upa ya mengatasi problem pembelajaran di kelas VIII . Penelitian ini menggunakan st udi kasus, pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer atau utama yakni guru yang mengajar di kelas VIII MTs Ihsaniyah lontar Jiwantaka dan sumber skunder atau pendukung yakni data yang mendukung terhadap data primer yaitu siswa dan pihak sekolah. Adapun mengenai pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi berperan serta, interview atau wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Problematika pembelajaran terdapat pada materi yang sulit dipahami siswa, kurangnya minat belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa, penerapan materi , b elum bisa baca tulis Al - Qur’an , dan lingkungan yang memiliki pengaruh buruk terhadap siswa,(2) Upaya yang dilakukan deng an mema hami karakteristik siswa, upaya memberikan m otivasi belajar te rus dilakukan, guru memberikan reme dia l kepada siswa yang belum lulus, guru terus memberi nasihat terhadap siswa agar menjauhi lingkung an yang memiliki pengaruh buruk, adanya pendekatan guru dengan orang tua siswa dan memberikan layanan konseling kepada siswa, baik secara indiv idu maupun kelompok, adanya pembinaan kepada siswa yang dilakukan oleh guru.