ctrlnum 1909
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/</relation><title>PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA MENGATASINYA (STUDI KASUS DI KELAS VIII MTS IHSANIYAH LONTAR JIWANTAKA)</title><creator>SAM'UN, SAM'UN</creator><subject>407 Pendidikan, penelitian &amp; topik terkait </subject><description>Dalam proses pembelajaran banyak dit&#xD; emukan problematika &#xD; didalamnya, b&#xD; aik itu problematika guru,&#xD; siswa&#xD; , sarana pembelajaran&#xD; maupun materi yang diajarkan.&#xD; Banyak problematika yang terjadi di &#xD; kelas VIII seperti sarana dan prasarana pembelajaran, minat belajar &#xD; siswa dan metode pembelajaran yang monoton. &#xD; Proses pembelajaran &#xD; merupakan inti dari kegiatan pendidikan. Oleh karena itu, proses &#xD; pembelajaran seharusnya&#xD; dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi &#xD; masalah. &#xD; Rum&#xD; usan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: &#xD; (1) Apa problematika pembelajaran di kelas VIII?(2) Bagaimana upaya &#xD; mengatasi problematika pembelajaran di kelas VIII?&#xD; Penelitian ini bertujua&#xD; n untuk mendeskripsikan: (1) Apa &#xD; problem pembelajaran &#xD; di kelas VIII&#xD; , (2) Bagaimana &#xD; upa&#xD; ya mengatasi &#xD; problem pembelajaran di&#xD; kelas VIII&#xD; .&#xD; Penelitian ini menggunakan &#xD; st&#xD; udi &#xD; kasus, pendekatan deskriptif &#xD; kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data &#xD; primer atau utama yakni guru yang mengajar di kelas VIII MTs &#xD; Ihsaniyah lontar Jiwantaka dan sumber skunder atau pendukung yakni &#xD; data yang mendukung terhadap &#xD; data primer yaitu siswa dan pihak &#xD; sekolah. Adapun mengenai pengumpulan data, peneliti menggunakan &#xD; observasi berperan serta, interview atau wawancara dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian ini adalah : (1) Problematika pembelajaran &#xD; terdapat pada materi yang &#xD; sulit dipahami siswa, kurangnya minat &#xD; belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi &#xD; siswa, penerapan materi&#xD; , b&#xD; elum bisa baca tulis Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an&#xD; , &#xD; dan &#xD; lingkungan yang memiliki pengaruh buruk&#xD; terhadap siswa,(2) Upaya &#xD; yang dilakukan deng&#xD; an mema&#xD; hami karakteristik siswa, &#xD; upaya &#xD; memberikan m&#xD; otivasi belajar te&#xD; rus dilakukan, &#xD; guru memberikan &#xD; reme&#xD; dia&#xD; l kepada siswa yang belum lulus, &#xD; guru terus memberi nasihat &#xD; terhadap siswa agar menjauhi lingkung&#xD; an yang memiliki pengaruh &#xD; buruk, adanya pendekatan guru &#xD; dengan orang tua siswa dan &#xD; memberikan layanan konseling&#xD; kepada siswa, baik secara indiv&#xD; idu &#xD; maupun kelompok, adanya pembinaan kepada siswa yang dilakukan &#xD; oleh guru.</description><date>2018-03-13</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/8/LAMPIRAN%20JADI%20ASLI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SAM'UN, SAM'UN (2018) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA MENGATASINYA (STUDI KASUS DI KELAS VIII MTS IHSANIYAH LONTAR JIWANTAKA). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten. </identifier><recordID>1909</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SAM'UN, SAM'UN
title PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA MENGATASINYA (STUDI KASUS DI KELAS VIII MTS IHSANIYAH LONTAR JIWANTAKA)
publishDate 2018
topic 407 Pendidikan
penelitian & topik terkait
url http://repository.uinbanten.ac.id/1909/1/COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1909/8/LAMPIRAN%20JADI%20ASLI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1909/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1909/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1909/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1909/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1909/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1909/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1909/
contents Dalam proses pembelajaran banyak dit emukan problematika didalamnya, b aik itu problematika guru, siswa , sarana pembelajaran maupun materi yang diajarkan. Banyak problematika yang terjadi di kelas VIII seperti sarana dan prasarana pembelajaran, minat belajar siswa dan metode pembelajaran yang monoton. Proses pembelajaran merupakan inti dari kegiatan pendidikan. Oleh karena itu, proses pembelajaran seharusnya dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi masalah. Rum usan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apa problematika pembelajaran di kelas VIII?(2) Bagaimana upaya mengatasi problematika pembelajaran di kelas VIII? Penelitian ini bertujua n untuk mendeskripsikan: (1) Apa problem pembelajaran di kelas VIII , (2) Bagaimana upa ya mengatasi problem pembelajaran di kelas VIII . Penelitian ini menggunakan st udi kasus, pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer atau utama yakni guru yang mengajar di kelas VIII MTs Ihsaniyah lontar Jiwantaka dan sumber skunder atau pendukung yakni data yang mendukung terhadap data primer yaitu siswa dan pihak sekolah. Adapun mengenai pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi berperan serta, interview atau wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Problematika pembelajaran terdapat pada materi yang sulit dipahami siswa, kurangnya minat belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa, penerapan materi , b elum bisa baca tulis Al - Qur’an , dan lingkungan yang memiliki pengaruh buruk terhadap siswa,(2) Upaya yang dilakukan deng an mema hami karakteristik siswa, upaya memberikan m otivasi belajar te rus dilakukan, guru memberikan reme dia l kepada siswa yang belum lulus, guru terus memberi nasihat terhadap siswa agar menjauhi lingkung an yang memiliki pengaruh buruk, adanya pendekatan guru dengan orang tua siswa dan memberikan layanan konseling kepada siswa, baik secara indiv idu maupun kelompok, adanya pembinaan kepada siswa yang dilakukan oleh guru.
id IOS3645.1909
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2018-11-24T07:15:08Z
last_indexed 2018-11-24T07:15:08Z
recordtype dc
_version_ 1765163620425007104
score 17.538404