PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA MENGATASINYA (STUDI KASUS DI KELAS VIII MTS IHSANIYAH LONTAR JIWANTAKA)
ctrlnum |
1909 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/</relation><title>PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA MENGATASINYA (STUDI KASUS DI KELAS VIII MTS IHSANIYAH LONTAR JIWANTAKA)</title><creator>SAM'UN, SAM'UN</creator><subject>407 Pendidikan, penelitian & topik terkait </subject><description>Dalam proses pembelajaran banyak dit
emukan problematika 
didalamnya, b
aik itu problematika guru,
siswa
, sarana pembelajaran
maupun materi yang diajarkan.
Banyak problematika yang terjadi di 
kelas VIII seperti sarana dan prasarana pembelajaran, minat belajar 
siswa dan metode pembelajaran yang monoton. 
Proses pembelajaran 
merupakan inti dari kegiatan pendidikan. Oleh karena itu, proses 
pembelajaran seharusnya
dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi 
masalah. 
Rum
usan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 
(1) Apa problematika pembelajaran di kelas VIII?(2) Bagaimana upaya 
mengatasi problematika pembelajaran di kelas VIII?
Penelitian ini bertujua
n untuk mendeskripsikan: (1) Apa 
problem pembelajaran 
di kelas VIII
, (2) Bagaimana 
upa
ya mengatasi 
problem pembelajaran di
kelas VIII
.
Penelitian ini menggunakan 
st
udi 
kasus, pendekatan deskriptif 
kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data 
primer atau utama yakni guru yang mengajar di kelas VIII MTs 
Ihsaniyah lontar Jiwantaka dan sumber skunder atau pendukung yakni 
data yang mendukung terhadap 
data primer yaitu siswa dan pihak 
sekolah. Adapun mengenai pengumpulan data, peneliti menggunakan 
observasi berperan serta, interview atau wawancara dan dokumentasi. 
Hasil penelitian ini adalah : (1) Problematika pembelajaran 
terdapat pada materi yang 
sulit dipahami siswa, kurangnya minat 
belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi 
siswa, penerapan materi
, b
elum bisa baca tulis Al
-
Qur’an
, 
dan 
lingkungan yang memiliki pengaruh buruk
terhadap siswa,(2) Upaya 
yang dilakukan deng
an mema
hami karakteristik siswa, 
upaya 
memberikan m
otivasi belajar te
rus dilakukan, 
guru memberikan 
reme
dia
l kepada siswa yang belum lulus, 
guru terus memberi nasihat 
terhadap siswa agar menjauhi lingkung
an yang memiliki pengaruh 
buruk, adanya pendekatan guru 
dengan orang tua siswa dan 
memberikan layanan konseling
kepada siswa, baik secara indiv
idu 
maupun kelompok, adanya pembinaan kepada siswa yang dilakukan 
oleh guru.</description><date>2018-03-13</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/8/LAMPIRAN%20JADI%20ASLI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1909/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SAM'UN, SAM'UN (2018) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA MENGATASINYA (STUDI KASUS DI KELAS VIII MTS IHSANIYAH LONTAR JIWANTAKA). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten. </identifier><recordID>1909</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SAM'UN, SAM'UN |
title |
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA MENGATASINYA (STUDI KASUS DI KELAS VIII MTS IHSANIYAH LONTAR JIWANTAKA) |
publishDate |
2018 |
topic |
407 Pendidikan penelitian & topik terkait |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/1909/1/COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1909/8/LAMPIRAN%20JADI%20ASLI.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1909/2/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1909/3/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1909/4/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1909/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1909/6/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1909/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1909/ |
contents |
Dalam proses pembelajaran banyak dit
emukan problematika
didalamnya, b
aik itu problematika guru,
siswa
, sarana pembelajaran
maupun materi yang diajarkan.
Banyak problematika yang terjadi di
kelas VIII seperti sarana dan prasarana pembelajaran, minat belajar
siswa dan metode pembelajaran yang monoton.
Proses pembelajaran
merupakan inti dari kegiatan pendidikan. Oleh karena itu, proses
pembelajaran seharusnya
dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi
masalah.
Rum
usan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
(1) Apa problematika pembelajaran di kelas VIII?(2) Bagaimana upaya
mengatasi problematika pembelajaran di kelas VIII?
Penelitian ini bertujua
n untuk mendeskripsikan: (1) Apa
problem pembelajaran
di kelas VIII
, (2) Bagaimana
upa
ya mengatasi
problem pembelajaran di
kelas VIII
.
Penelitian ini menggunakan
st
udi
kasus, pendekatan deskriptif
kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data
primer atau utama yakni guru yang mengajar di kelas VIII MTs
Ihsaniyah lontar Jiwantaka dan sumber skunder atau pendukung yakni
data yang mendukung terhadap
data primer yaitu siswa dan pihak
sekolah. Adapun mengenai pengumpulan data, peneliti menggunakan
observasi berperan serta, interview atau wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Problematika pembelajaran
terdapat pada materi yang
sulit dipahami siswa, kurangnya minat
belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi
siswa, penerapan materi
, b
elum bisa baca tulis Al
-
Qur’an
,
dan
lingkungan yang memiliki pengaruh buruk
terhadap siswa,(2) Upaya
yang dilakukan deng
an mema
hami karakteristik siswa,
upaya
memberikan m
otivasi belajar te
rus dilakukan,
guru memberikan
reme
dia
l kepada siswa yang belum lulus,
guru terus memberi nasihat
terhadap siswa agar menjauhi lingkung
an yang memiliki pengaruh
buruk, adanya pendekatan guru
dengan orang tua siswa dan
memberikan layanan konseling
kepada siswa, baik secara indiv
idu
maupun kelompok, adanya pembinaan kepada siswa yang dilakukan
oleh guru. |
id |
IOS3645.1909 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2018-11-24T07:15:08Z |
last_indexed |
2018-11-24T07:15:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163620425007104 |
score |
17.538404 |