Daftar Isi:
  • Guru kreatif diperlukan untuk membuat pembelajaran menjadi menarik dan disukai siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh banyak guru cenderung lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman. Pembelajaran di dalam kelas menunjukan didominasi oleh guru, menimbulkan kejenuhan, kebosanan, dan menurunkan minat dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan; 1) Pengaruh metode cooperative script terhadap hasil belajar fiqih, 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar fiqih, 3) Pengaruh interaksi metode cooperative script dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar fiqih, 4) Perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang belajar menggunakan metode cooperative script dengan metode konvensional, 5) Perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Cooperative Script adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Motivasi adalah suatu keinginan yang ada pada diri seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Hasil belajar adalah kemampuan yang di peroleh siswa setelah melalui kegiatan kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen, dengan menggunakan Avanva Dua Jalan. Sampel penelitian 60 orang, dan intrumennya menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan metode cooperative script terhadap hasil belajar fiqih berdasarkan hasil perhitungan ANAVA diperoleh Fhitung= 35,06 lebih besar dibandingkan Ftabel= 2,77. Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar fiqih berdasarkan hasil perhitungan ANAVA diperoleh Fhitung= 14,21 lebih besar dibandingkan Ftabel= 2,77. Terdapat interaksi yang signifikan antara metode cooperative script dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajar fiqih berdasarkan perhitungan ANAVA diperoleh Fhitung= 8,94 lebih besar dibandingkan Ftabel= 2,77. Terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang belajar dengan metode cooperative script dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional berdasarkan hasil perhitungan ANAVA diperoleh skor rerata siswa yang belajar menggunakan metode cooperative scrip = 81,13 lebih besar dari siswa yang belajar menggunakan metode konvensional = 75,33. Terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah berdasarkan perhitungan ANAVA diperoleh skor rerata siswa yang memiliki motivasi tinggi = 83,13 lebih besar dari siswa yang memiliki motivasi rendah =73,33.