PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TENTANG PENINGGALAN SEJARAH BERCORAK ISLAM(Kuasi Eksperimen di kelas V SDN Pasauran 1)
Main Author: | ROHMAWATI, SITI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/1802/1/COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1802/2/ABSTRAK.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1802/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1802/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1802/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1802/6/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1802/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1802/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya daya ingat siswa tentang sejarah dan minat siswa dalam membaca sejarah. Pembelajaran sejarah menimbulkan kebosanan dan rasa kurang antusias siswa mengikuti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengeta hui model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN Pasauran 1. 2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran take and give pada mata pelajaran IPS siswa di kelas V SDN Pasauran1. Penelitian ini dilakukan di SDN Pasauran 1, dengan metode kuasi eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Populasi penelitian siswa kelas V semester ganjil SDN Pasauran 1 Tahun Pelajaran 2015 /2016. Berjumlah 27 orang untuk kelas eksperimen dan 29 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini mendapati 1) terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar. Penerapan model pembelajaran take and give mampu mewujudkan kond isi belajar yang dinamis, kreatif dan mandiri 2) tingkat hasil belajar kelas eksperimen sebelum pembelajaran 58,84 dan sesudah pembelajaran 78,50.