Daftar Isi:
  • Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor salah satunya adalah proses pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agam a Islam tersebut disebabkan oleh siswa yang merasa jenuh terhadap pembelajaran yang menggunakan metode konvensional . Penyampaian ceramah yang tidak dibarengi dengan peragaan dan contoh hanya bersifat verbalistik dan membosankan. Upaya yang digunakan untuk m engatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode Cooperative Script . Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 kota Serang mengetahui pengaruh metode coo perative script terhadap hasil belajar s iswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 4 Kota Serang dan mengetahui perbedaan m etode Cooperative Script terhadap dengan siswa yang menggunakan metode konvensional . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik penarikan sampel menggunakan random cluster sampling untuk memilh dua kelas, diantaranya yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument pengambilan data menggunakan tes.Prasyaratan normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dan homogenitas dihitung menggunkan uji F. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil belajar kelas yang menggunakan me tode cooperative script lebih baik daripada kelas yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dari hasil uji - t pada hasil belajar PAI setelah perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung sebesar 2,759 lebih besar dari f tabel pada taraf signifikasi 0,05 yakni 1,661 sehingga 2,759 > 1,661 , H o ditolak dan H a diterima dengan presentase skor terbesar 80,06% > 59,28% . Dengan demikian penggunaan metode cooperative script berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI