Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana perencanaan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA di kelas V SDIT Al-Hanif Cilegon, 2) mengetahui penerapan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA di kelas V SDIT Al-Hanif Cilegon, 3) menganalisis evaluasi integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA di kelas V SDIT Al-Hanif Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan pembelajaran integratif yang dibuat oleh guru adalah dengan membuat suplemen pembelajaran dan RPP. Suplemen pembelajaran berisi materi IPA yang dikaitkan dengan ayat-ayat atau hadis yang relavan. Suplemen pembelajaran yang telah dibuat juga diselipkan pada RPP. Namun tidak semua RPP yang dibuat oleh guru diselipkan suplemen pembelajaran. 2) penerapan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA ini dilakukan dengan mengaitkan ayat dan hadis yang relevan dengan materi, serta dilakukan melalui penyampaian nasihat. 3) suplemen pembelajaran yang telah dibuat sudah sesuai dengan penerapan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA. Namun, bila ditinjau dari RPP. Maka terdapat banyak komponen yang tidak sesuai dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru yang berfokus kepada penyelesaian materi dan alokasi waktu yang berubah.