Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MA AN-Nawawi Tanara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian telah dilaksanakan di MA AN-NawawiTanara, dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di MA AN-NawawiTanara yang berjumlah 283 siswa, sedangkan sempel pada penelitian ini adalah du akelas yang dipilih secara random yaitu kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas XI 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar pretest dan posttes dalam bentuk soal pilihan ganda serta dokumntasi yang dilakukan pada saat penelitian berlangsung. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menunjukan thitung = 5,804 > ttabel = 1,679 pada taraf signifikan 5% sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping pada hasil belajar fiqih di MA AN-NawawiTanara.