ctrlnum 11202
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/</relation><title>Pengembangan Bahan Ajar Berbasis &#xD; Antalogi Cerita Rakyat Banten Tema Lingkungan Tempat Tinggalku pada &#xD; Siswa Kelas IV MI Miftahul Hayat</title><creator>Fasihati, Ati</creator><subject>2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak</subject><description>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar &#xD; berbasis antalogi cerita rakyat banten tema lingkungan tempat tinggalku pada &#xD; siswa kelas IV MI Miftahul Hayat. Jenis penelitian ini menggunakan metode&#xD; penelitian (reseacrch and development) model pengembangan 4-D dari &#xD; Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, 1) pendefinisian (define), 2) &#xD; perancangan (design), 3) pengembangan (development), dan 4) penyebaran &#xD; (disseminate). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini&#xD; lebih efektif untuk mengembangkan perangkat dalam pembelajaran. Teknik&#xD; pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi, wawancara, angket, &#xD; dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah&#xD; analisis deskriptif dengan sampel 12 siswa kelas IV MI Miftahul Hayat. &#xD; Dalam pengujian validasi meliputi tiga aspek yaitu: aspek tampilan, aspek &#xD; kelayakan, dan aspek pemanfaatan. Hasil bahan ajar yang dikembangkan &#xD; merupakan kriteria valid dan layak dalam hitungan (Skala likert) berdasarkan &#xD; penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV. Kualitas kelayakan &#xD; bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten yang dikembangkan oleh &#xD; peneliti sangat layak digunakan dengan uji validasi oleh beberapa para ahli &#xD; meliputi validasi ahli materi dengan memperoleh skor persentase sebesar &#xD; 90% dengan katagori &#x201E;&#x201F;sangat layak&#x201F;&#x201F;, validasi ahli media memperoleh skor &#xD; persentase sebesar 86% dengan katagori &#x201E;&#x201F;layak&#x201F;&#x201F;, dan validasi guru kelas IV &#xD; dengan skor persentase sebesar 90% dengan katagori &#x201E;&#x201F;sangat layak&#x201F;&#x201F;. &#xD; Berdasarkan hasil respon siswa MI Miftahul Hayat pada uji coba skala kecil &#xD; atau yang disebut dengan uji coba terbatas memperoleh skor persentase &#xD; sebesar 92% dengan kriteria &#x201E;&#x201F;sangat baik&#x201F;&#x201F;. Dengan demikian, dapat &#xD; disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten layak &#xD; untuk digunakan dalam proses pembelajaran.</description><date>2023-02-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/1/S_PGMI_181250030_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/2/S_PGMI_181250030_LAMPIRAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/3/S_PGMI_181250030_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/4/S_PGMI_181250030_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/5/S_PGMI_181250030_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/6/S_PGMI_181250030_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/7/S_PGMI_181250030_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/8/S_PGMI_181250030_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Fasihati, Ati (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Antalogi Cerita Rakyat Banten Tema Lingkungan Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Hayat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. </identifier><relation>http://repository.uinbanten.ac.id</relation><recordID>11202</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fasihati, Ati
title Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Antalogi Cerita Rakyat Banten Tema Lingkungan Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Hayat
publishDate 2023
topic 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal
taman kanak-kanak
url http://repository.uinbanten.ac.id/11202/1/S_PGMI_181250030_COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11202/2/S_PGMI_181250030_LAMPIRAN%20DEPAN.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11202/3/S_PGMI_181250030_BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11202/4/S_PGMI_181250030_BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11202/5/S_PGMI_181250030_BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11202/6/S_PGMI_181250030_BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11202/7/S_PGMI_181250030_BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11202/8/S_PGMI_181250030_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11202/
http://repository.uinbanten.ac.id
contents Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat banten tema lingkungan tempat tinggalku pada siswa kelas IV MI Miftahul Hayat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian (reseacrch and development) model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), dan 4) penyebaran (disseminate). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan sampel 12 siswa kelas IV MI Miftahul Hayat. Dalam pengujian validasi meliputi tiga aspek yaitu: aspek tampilan, aspek kelayakan, dan aspek pemanfaatan. Hasil bahan ajar yang dikembangkan merupakan kriteria valid dan layak dalam hitungan (Skala likert) berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV. Kualitas kelayakan bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dengan uji validasi oleh beberapa para ahli meliputi validasi ahli materi dengan memperoleh skor persentase sebesar 90% dengan katagori „‟sangat layak‟‟, validasi ahli media memperoleh skor persentase sebesar 86% dengan katagori „‟layak‟‟, dan validasi guru kelas IV dengan skor persentase sebesar 90% dengan katagori „‟sangat layak‟‟. Berdasarkan hasil respon siswa MI Miftahul Hayat pada uji coba skala kecil atau yang disebut dengan uji coba terbatas memperoleh skor persentase sebesar 92% dengan kriteria „‟sangat baik‟‟. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
id IOS3645.11202
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:31:41Z
last_indexed 2023-04-14T02:31:41Z
recordtype dc
_version_ 1765163678170087424
score 17.538404