Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Antalogi Cerita Rakyat Banten Tema Lingkungan Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Hayat
ctrlnum |
11202 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/</relation><title>Pengembangan Bahan Ajar Berbasis 
Antalogi Cerita Rakyat Banten Tema Lingkungan Tempat Tinggalku pada 
Siswa Kelas IV MI Miftahul Hayat</title><creator>Fasihati, Ati</creator><subject>2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak</subject><description>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar 
berbasis antalogi cerita rakyat banten tema lingkungan tempat tinggalku pada 
siswa kelas IV MI Miftahul Hayat. Jenis penelitian ini menggunakan metode
penelitian (reseacrch and development) model pengembangan 4-D dari 
Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, 1) pendefinisian (define), 2) 
perancangan (design), 3) pengembangan (development), dan 4) penyebaran 
(disseminate). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini
lebih efektif untuk mengembangkan perangkat dalam pembelajaran. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi, wawancara, angket, 
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif dengan sampel 12 siswa kelas IV MI Miftahul Hayat. 
Dalam pengujian validasi meliputi tiga aspek yaitu: aspek tampilan, aspek 
kelayakan, dan aspek pemanfaatan. Hasil bahan ajar yang dikembangkan 
merupakan kriteria valid dan layak dalam hitungan (Skala likert) berdasarkan 
penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV. Kualitas kelayakan 
bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten yang dikembangkan oleh 
peneliti sangat layak digunakan dengan uji validasi oleh beberapa para ahli 
meliputi validasi ahli materi dengan memperoleh skor persentase sebesar 
90% dengan katagori „‟sangat layak‟‟, validasi ahli media memperoleh skor 
persentase sebesar 86% dengan katagori „‟layak‟‟, dan validasi guru kelas IV 
dengan skor persentase sebesar 90% dengan katagori „‟sangat layak‟‟. 
Berdasarkan hasil respon siswa MI Miftahul Hayat pada uji coba skala kecil 
atau yang disebut dengan uji coba terbatas memperoleh skor persentase 
sebesar 92% dengan kriteria „‟sangat baik‟‟. Dengan demikian, dapat 
disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten layak 
untuk digunakan dalam proses pembelajaran.</description><date>2023-02-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/1/S_PGMI_181250030_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/2/S_PGMI_181250030_LAMPIRAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/3/S_PGMI_181250030_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/4/S_PGMI_181250030_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/5/S_PGMI_181250030_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/6/S_PGMI_181250030_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/7/S_PGMI_181250030_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11202/8/S_PGMI_181250030_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Fasihati, Ati (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Antalogi Cerita Rakyat Banten Tema Lingkungan Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Hayat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. </identifier><relation>http://repository.uinbanten.ac.id</relation><recordID>11202</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fasihati, Ati |
title |
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis
Antalogi Cerita Rakyat Banten Tema Lingkungan Tempat Tinggalku pada
Siswa Kelas IV MI Miftahul Hayat |
publishDate |
2023 |
topic |
2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal taman kanak-kanak |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/11202/1/S_PGMI_181250030_COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11202/2/S_PGMI_181250030_LAMPIRAN%20DEPAN.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11202/3/S_PGMI_181250030_BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11202/4/S_PGMI_181250030_BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11202/5/S_PGMI_181250030_BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11202/6/S_PGMI_181250030_BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11202/7/S_PGMI_181250030_BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11202/8/S_PGMI_181250030_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11202/ http://repository.uinbanten.ac.id |
contents |
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar
berbasis antalogi cerita rakyat banten tema lingkungan tempat tinggalku pada
siswa kelas IV MI Miftahul Hayat. Jenis penelitian ini menggunakan metode
penelitian (reseacrch and development) model pengembangan 4-D dari
Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, 1) pendefinisian (define), 2)
perancangan (design), 3) pengembangan (development), dan 4) penyebaran
(disseminate). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini
lebih efektif untuk mengembangkan perangkat dalam pembelajaran. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi, wawancara, angket,
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif dengan sampel 12 siswa kelas IV MI Miftahul Hayat.
Dalam pengujian validasi meliputi tiga aspek yaitu: aspek tampilan, aspek
kelayakan, dan aspek pemanfaatan. Hasil bahan ajar yang dikembangkan
merupakan kriteria valid dan layak dalam hitungan (Skala likert) berdasarkan
penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV. Kualitas kelayakan
bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten yang dikembangkan oleh
peneliti sangat layak digunakan dengan uji validasi oleh beberapa para ahli
meliputi validasi ahli materi dengan memperoleh skor persentase sebesar
90% dengan katagori „‟sangat layak‟‟, validasi ahli media memperoleh skor
persentase sebesar 86% dengan katagori „‟layak‟‟, dan validasi guru kelas IV
dengan skor persentase sebesar 90% dengan katagori „‟sangat layak‟‟.
Berdasarkan hasil respon siswa MI Miftahul Hayat pada uji coba skala kecil
atau yang disebut dengan uji coba terbatas memperoleh skor persentase
sebesar 92% dengan kriteria „‟sangat baik‟‟. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten layak
untuk digunakan dalam proses pembelajaran. |
id |
IOS3645.11202 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2023-04-14T02:31:41Z |
last_indexed |
2023-04-14T02:31:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163678170087424 |
score |
17.538404 |