Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Active Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Studi di MA AT-Taufiqiyah Taktakan Kota Serang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran active learning di MA AT-Taufiqiyah, mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA AT-Taufiqiyah, mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran active learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA AT-Taufiqiyah dan mengetahui besarnya pengaruh serta tingkat hubungan pembelajaran active learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA AT-Taufiqiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dapat diartikan sebagai pendekatan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, dengan meggunakan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini Ada dua variable yaitu variable X (Pembelajaran Active Learning) dan variable Y (Minat Belajar). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA AT-taufiqiyah yang terdiri dari 50 siswa, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran active learning termasuk kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata pembelajaran active learning sebesar 85%. Siswa memiliki minat belajar yang baik pada mata pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah, dengan nilai rata-rata minat belajar sebesar 83,1%. Terdapat pengaruh pemebelajaran active learning terhadap minat belajar pada mata pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah dengan nilai t hitung (4,092) > nilai t tabel (1.686), dengan nilai signifikansi 0.000. Besarnya hubungan antara variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) dikatakan sedang, karena dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0,553 (55,3%) terletak pada interval koefisien 0,40 – 0,59.