Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Active Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Studi di MA AT-Taufiqiyah Taktakan Kota Serang
ctrlnum |
11191 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/</relation><title>Pengaruh Penggunaan Pembelajaran 
Active Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih 
Studi di MA AT-Taufiqiyah Taktakan Kota Serang</title><creator>Alfiansyah, Febri</creator><subject>2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran active learning di 
MA AT-Taufiqiyah, mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran 
fiqih di MA AT-Taufiqiyah, mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran 
active learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA
AT-Taufiqiyah dan mengetahui besarnya pengaruh serta tingkat hubungan 
pembelajaran active learning terhadap minat belajar siswa pada mata 
pelajaran fiqih di MA AT-Taufiqiyah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif
deskriptif. Pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dapat diartikan 
sebagai pendekatan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme,
dengan meggunakan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini 
Ada dua variable yaitu variable X (Pembelajaran Active Learning) dan 
variable Y (Minat Belajar). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA 
AT-taufiqiyah yang terdiri dari 50 siswa, Sampel dalam penelitian ini 
sebanyak 40 orang. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran active learning 
termasuk kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata pembelajaran active 
learning sebesar 85%. Siswa memiliki minat belajar yang baik pada mata 
pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah, dengan nilai rata-rata minat belajar
sebesar 83,1%. Terdapat pengaruh pemebelajaran active learning terhadap 
minat belajar pada mata pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah dengan nilai t 
hitung (4,092) > nilai t tabel (1.686), dengan nilai signifikansi 0.000.
Besarnya hubungan antara variabel independen (X) terhadap variabel 
dependen (Y) dikatakan sedang, karena dari hasil uji koefisien korelasi 
diperoleh nilai sebesar 0,553 (55,3%) terletak pada interval koefisien 0,40 –
0,59.</description><date>2023-02-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/1/S_PAI_181210019_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/2/S_PAI_181210019_Lampiran%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/3/S_PAI_181210019_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/4/S_PAI_181210019_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/5/S_PAI_181210019_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/6/S_PAI_181210019_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/7/S_PAI_181210019_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/8/S_PAI_181210019_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Alfiansyah, Febri (2023) Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Active Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Studi di MA AT-Taufiqiyah Taktakan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. </identifier><relation>https://repository.uinbanten.ac.id</relation><recordID>11191</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Alfiansyah, Febri |
title |
Pengaruh Penggunaan Pembelajaran
Active Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih
Studi di MA AT-Taufiqiyah Taktakan Kota Serang |
publishDate |
2023 |
topic |
2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/11191/1/S_PAI_181210019_Cover.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11191/2/S_PAI_181210019_Lampiran%20Depan.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11191/3/S_PAI_181210019_BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11191/4/S_PAI_181210019_BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11191/5/S_PAI_181210019_BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11191/6/S_PAI_181210019_BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11191/7/S_PAI_181210019_BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11191/8/S_PAI_181210019_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11191/ https://repository.uinbanten.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran active learning di
MA AT-Taufiqiyah, mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran
fiqih di MA AT-Taufiqiyah, mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran
active learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA
AT-Taufiqiyah dan mengetahui besarnya pengaruh serta tingkat hubungan
pembelajaran active learning terhadap minat belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih di MA AT-Taufiqiyah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif
deskriptif. Pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dapat diartikan
sebagai pendekatan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme,
dengan meggunakan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini
Ada dua variable yaitu variable X (Pembelajaran Active Learning) dan
variable Y (Minat Belajar). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA
AT-taufiqiyah yang terdiri dari 50 siswa, Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 40 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran active learning
termasuk kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata pembelajaran active
learning sebesar 85%. Siswa memiliki minat belajar yang baik pada mata
pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah, dengan nilai rata-rata minat belajar
sebesar 83,1%. Terdapat pengaruh pemebelajaran active learning terhadap
minat belajar pada mata pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah dengan nilai t
hitung (4,092) > nilai t tabel (1.686), dengan nilai signifikansi 0.000.
Besarnya hubungan antara variabel independen (X) terhadap variabel
dependen (Y) dikatakan sedang, karena dari hasil uji koefisien korelasi
diperoleh nilai sebesar 0,553 (55,3%) terletak pada interval koefisien 0,40 –
0,59. |
id |
IOS3645.11191 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2023-04-14T02:31:41Z |
last_indexed |
2023-04-14T02:31:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163678123950080 |
score |
17.538404 |