ctrlnum 11191
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/</relation><title>Pengaruh Penggunaan Pembelajaran &#xD; Active Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih &#xD; Studi di MA AT-Taufiqiyah Taktakan Kota Serang</title><creator>Alfiansyah, Febri</creator><subject>2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran active learning di &#xD; MA AT-Taufiqiyah, mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran &#xD; fiqih di MA AT-Taufiqiyah, mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran &#xD; active learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA&#xD; AT-Taufiqiyah dan mengetahui besarnya pengaruh serta tingkat hubungan &#xD; pembelajaran active learning terhadap minat belajar siswa pada mata &#xD; pelajaran fiqih di MA AT-Taufiqiyah.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif&#xD; deskriptif. Pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dapat diartikan &#xD; sebagai pendekatan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme,&#xD; dengan meggunakan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini &#xD; Ada dua variable yaitu variable X (Pembelajaran Active Learning) dan &#xD; variable Y (Minat Belajar). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA &#xD; AT-taufiqiyah yang terdiri dari 50 siswa, Sampel dalam penelitian ini &#xD; sebanyak 40 orang. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran active learning &#xD; termasuk kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata pembelajaran active &#xD; learning sebesar 85%. Siswa memiliki minat belajar yang baik pada mata &#xD; pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah, dengan nilai rata-rata minat belajar&#xD; sebesar 83,1%. Terdapat pengaruh pemebelajaran active learning terhadap &#xD; minat belajar pada mata pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah dengan nilai t &#xD; hitung (4,092) &gt; nilai t tabel (1.686), dengan nilai signifikansi 0.000.&#xD; Besarnya hubungan antara variabel independen (X) terhadap variabel &#xD; dependen (Y) dikatakan sedang, karena dari hasil uji koefisien korelasi &#xD; diperoleh nilai sebesar 0,553 (55,3%) terletak pada interval koefisien 0,40 &#x2013;&#xD; 0,59.</description><date>2023-02-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/1/S_PAI_181210019_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/2/S_PAI_181210019_Lampiran%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/3/S_PAI_181210019_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/4/S_PAI_181210019_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/5/S_PAI_181210019_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/6/S_PAI_181210019_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/7/S_PAI_181210019_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11191/8/S_PAI_181210019_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Alfiansyah, Febri (2023) Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Active Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Studi di MA AT-Taufiqiyah Taktakan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. </identifier><relation>https://repository.uinbanten.ac.id</relation><recordID>11191</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Alfiansyah, Febri
title Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Active Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Studi di MA AT-Taufiqiyah Taktakan Kota Serang
publishDate 2023
topic 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
url http://repository.uinbanten.ac.id/11191/1/S_PAI_181210019_Cover.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11191/2/S_PAI_181210019_Lampiran%20Depan.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11191/3/S_PAI_181210019_BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11191/4/S_PAI_181210019_BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11191/5/S_PAI_181210019_BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11191/6/S_PAI_181210019_BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11191/7/S_PAI_181210019_BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11191/8/S_PAI_181210019_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/11191/
https://repository.uinbanten.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran active learning di MA AT-Taufiqiyah, mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA AT-Taufiqiyah, mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran active learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA AT-Taufiqiyah dan mengetahui besarnya pengaruh serta tingkat hubungan pembelajaran active learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA AT-Taufiqiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dapat diartikan sebagai pendekatan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, dengan meggunakan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini Ada dua variable yaitu variable X (Pembelajaran Active Learning) dan variable Y (Minat Belajar). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA AT-taufiqiyah yang terdiri dari 50 siswa, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran active learning termasuk kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata pembelajaran active learning sebesar 85%. Siswa memiliki minat belajar yang baik pada mata pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah, dengan nilai rata-rata minat belajar sebesar 83,1%. Terdapat pengaruh pemebelajaran active learning terhadap minat belajar pada mata pelajaran fiqih di MA At-Taufiqiyah dengan nilai t hitung (4,092) > nilai t tabel (1.686), dengan nilai signifikansi 0.000. Besarnya hubungan antara variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) dikatakan sedang, karena dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0,553 (55,3%) terletak pada interval koefisien 0,40 – 0,59.
id IOS3645.11191
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:31:41Z
last_indexed 2023-04-14T02:31:41Z
recordtype dc
_version_ 1765163678123950080
score 17.538404