Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada UMKM di pasar Rangkasbitung dengan tujuan untuk mengetahui apakah kehadiran sistem pembayaran QRIS dengan menawarkan kemudahan penggunaan, kecepatan akses dan keamanan dapat mempengaruhi sikap atau gaya masyarakat dalam melakukan transaksi. Adapun perumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1). Bagaimana pengaruh kualitas layanan sistem pembayaran QRIS terhadap kepuasan transaksi pada UMKM di pasar Rangkasbitung?. Berapa besar pengaruh kualitas layanan sistem pembayaran QRIS terhadap kepuasan transaksi pada UMKM di pasar Rangkasbitung?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan sistem pembayaran QRIS terhadap kepuasan transaksi pada UMKM di Pasar Rangkasbitung. 2). Untuk mengetahui berapa besar pengaruh kualitas layanan sistem pembayaran QRIS terhadap kepuasan transaksi pada UMKM di Pasar Rangkasbitung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan statistik deskriptif melalui olah data menggunakan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan Sistem Pembayaran QRIS Terhadap Kepuasan Transaksi. Metode uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, heterokedatisitas serta uji hipotesis seperti uji parsial (t) dan uji koefisien determinasi (R2 ). Kesimpulan pengujian hipotesis Kualitas Layanan Sistem Pembayaran QRIS diketahui Thitung > Ttabel yaitu 7,220 > 1,66216, maka terdapat pengaruh dari variabel Kualitas Layanan Sistem Pembayaran QRIS Terhadap Kepuasan Transaksi atau H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai uji koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas Layanan Sistem Pembayaran QRIS (X) terhadap Kepuasan Transaksi (Y) sebesar 37%, sedangkan sisanya 63% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.