PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGAWASAN DAN KONSULTASI OLEH ACCOUNT REPRESENTATIVE (AR) TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI KASUS PADA KPP MENTENG SATU JAKARTA PUSAT)

Main Authors: ., Widomoko, ., Nofryanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prima Center Indonesia , 2017
Online Access: http://www.ejournal-academia.org/index.php/renaissance/article/view/41
http://www.ejournal-academia.org/index.php/renaissance/article/view/41/21
Daftar Isi:
  • Account Representative (AR) mempunyai peranan yang cukup besar dalam penerimaan di sektor perpajakan, namun pada tahun 2012-2013 dan pada tahun 2014-2015 terjadi penurunan pada tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Menteng Satu Jakarta Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, pengawasan dan konsultasi oleh Account Representative (AR) terhadap kepatuhan wajib pajak. Responden dari penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang berada di Wilayah KPP Menteng Satu Jakarta Pusat. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner yang diolah adalah sejumlah 95 kuesioner. Dan dianalisis menggunakan bantuan program SPSS Versi 23.00 dengan metode uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi, uji t dan uji f. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan dan pengawasan oleh Account Representative (AR) terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan variabel konsultasi oleh Account Representative (AR) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Secara simultan variabel kualitas pelayanan, pengawasan dan konsultasi oleh Account Representative (AR) berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pengawasan, Konsultasi, Kepatuhan Wajib Pajak