Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan Toyota di PT Astra International Tbk Auto 2000 Cabang Pasteur
Daftar Isi:
- Pertumbuhan industri otomotif khususnya di Kota Bandung sangat pesat, banyak sekali dealer mobil yang berdiri sehingga menimbulkan persaingan dalam industri otomotif. Persaingan yang selalu muncul dalam dunia bisnis memicu munculnya pemikiran-pemikiran baru yang dapat membangun produk atau jasa yang memberikan nilai lebih kepada pelanggan yang berdampak pada kepindahan penggunaan jasanya. Berkenan dengan hal tersebut, maka penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepuasan pelanggan yang terdiri dari Performance, Serviceablility, Reliabilitas, Perceived quality yang diharapkan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sampel yang diambil dengan menggunakan metode probability sampling dengan menggunakan bantuan rumus slovin yang didapat dari total pelanggan yang melakukan pembelian selama satu tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan mempunyai pengaruh terhadap loyalias pelanggan.