Daftar Isi:
  • Bioskop telah menjadi bagian dari sarana hiburan masyarakat. Menonton bioskop sudah menjadi gaya hidup tersendiri khususnya untuk para mahasiswa sebagai tempat untuk menjalin relasi atau pun menghilangkanrasa jenuh dan juga sebagai sarana hiburan yang berbeda bagi konsumennya dibandingkan dengan menonton TV di rumah. Bertambah banyaknya bioskop-bioskop XXI ataupun pesaing lain di Indonesia khususnya di kota Bandung, maka bioskop akan berlomba-lomba memberikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk mendapatkan loyalitas konsumen, dalam penelitian ini, peneliti hendak menjelaskan dimensi kualitas pelayanan yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Bioskop XXI BTC Bandung. Dimana dimensi kualitas pelayanan meliputi tangible, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance. Kualitas pelayanan memiliki keunggulan yang dapat membuat konsumen menjadi loyal, namun kendala atau kelemahannya adalah konsumen menganggap masih kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada responden yang pernah berkunjung dan menonton di Bioskop XXI BTC Bandung sebanyak 150 responden. Pengujian dan pengolahan data menggunakan SPSS v.15 dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar 49,2% dan sisanya 50,8% dipengaruhi oleh faktor lain.