ctrlnum 5280
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Analisis Tingkat Kepuasan Siswa SMA Kelas XII Di Rumah Belajar Daniel Dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual), Model Kano, FTA, dan FMEA</title><creator>Samosir, Maya Indriyani ( 0723047 )</creator><subject>T Technology (General)</subject><description> Rumah belajar Daniel merupakan salah satu perusahaan jasa yang menyediakan jasa bimbingan belajar bagi siswa dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi (PT). Permasalahan yang terjadi pada Rumah Belajar Daniel yaitu adanya &#xD; penurunan jumlah siswa khususnya untuk kelas XII regular serta keluhan mengenai ketidakpuasan yang dirasakan terhadap fasilitas yang kurang mendukung. &#xD; Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Belajar Daniel. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode servqual yang digabung dengan beberapa metode seperti model Kano yang digunakan untuk mengetahui atribut yang dianggap penting oleh pelanggan, fault &#xD; tree analysis (FTA) untuk mengetahui penyebab dari kegagalan yang terjadi, dan failure mode and effect analysis (FMEA) yang digunakan untuk menentukan &#xD; prioritas perbaikan. &#xD; Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap. Pada awalnya dibuat variabel-variabel penelitian yang akan digunakan dalam melakukan penelitian dan melakukan pembuatan kuesioner. Variabel dan kuesioner tersebut kemudian diuji validitas konstruk dengan menanyakan kepada para ahli, dimana pada penelitian ini dilakukan kepada para dosen. Setelah validitas konstruk, dilakukan penyebaran kuesioner sebanyak 30 buah untuk dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan penyebaran kuesioner lanjutan untuk mendapatkan data &#xD; pengolahan. Penyebaran kuesioner diberikan kepada 82 siswa kelas XII regular di Rumah Belajar Daniel. &#xD; Hasil pengolahan dari GAP 5 menunjukkan adanya 36 pernyataan yang tidak memuaskan pelanggan, pengolahan GAP 1 menunjukkan 31 pernyataan, dimana pihak manajemen tidak mengetahui harapan konsumen, pengolahan gap 2 menunjukkan GAP sebanyak 8 pernyataan, pengolahan gap 3 menunjukkan GAP sebanyak 8 pernyataan, pengolahan gap 4 menunjukkan GAP sebanyak 3 pernyataan. &#xD; Pengolahan model Kano menghasilkan 10 pernyataan yang termasuk dalam tiga kategori prioritas (M, O, dan A) yang akan digunakan dalam pembuatan FTA. &#xD; Penyebab kegagalan ditemukan dengan menggunakan FTA dan terdapat 10 FTA yang dibuat berdasarkan hasil GAP 5 dan hasil kano, setelah pembuatan FTA lalu &#xD; dilanjutkan dengan membuat FMEA. Dari FMEA didapat penyebab kegagalan potensial yang menjadi prioritas dalam melakukan perbaikan adalah sulitnya sarana angkutan umum untuk menjangkau lokasi Rumah Belajar Daniel, dengan nilai RPN 360. &#xD; Usulan yang dapat diberikan yaitu membuat shuttle di lokasi yang dilalui sarana angkutan umum, membagi kelas sesuai dengan tingkat kepintaran siswa, &#xD; penggunaan Quantum Learning, membuat buku rumus cepat, pembagian siswa ke dalam kelas sesuai dengan kapasitas kelas, melakukan perbaikan ruang kelas, membuat jadwal rutin untuk pembersihan ruang kelas, membuat jadwal rutin untuk pembersihan toilet, membuat peraturan dan motivasi mengenai kebersihan lingkungan rumah Belajar Daniel, menyediakan tempat sampah di depan ruang &#xD; kelas, melakukan penelitian untuk meja belajar yang ergonomis, menyewakan lahan untuk penyediaan kantin, menyediakan kotak saran, menyediakan sms center untuk pengaduan mengenai pelayanan, melakukan komunikasi dengan konsumen (siswa), dan melakukan komunikasi dengan karyawan. </description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/1/0723047_Abstract_TOC.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/2/0723047_Appendices.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/3/0723047_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/4/0723047_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/5/0723047_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/6/0723047_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/7/0723047_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/8/0723047_Conclusion.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/9/0723047_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/10/0723047_References.pdf</identifier><identifier> Samosir, Maya Indriyani ( 0723047 ) (2011) Analisis Tingkat Kepuasan Siswa SMA Kelas XII Di Rumah Belajar Daniel Dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual), Model Kano, FTA, dan FMEA. Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha. </identifier><relation>http://repository.maranatha.edu/5280/</relation><recordID>5280</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Samosir, Maya Indriyani ( 0723047 )
title Analisis Tingkat Kepuasan Siswa SMA Kelas XII Di Rumah Belajar Daniel Dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual), Model Kano, FTA, dan FMEA
publishDate 2011
topic T Technology (General)
url http://repository.maranatha.edu/5280/1/0723047_Abstract_TOC.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/2/0723047_Appendices.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/3/0723047_Chapter1.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/4/0723047_Chapter2.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/5/0723047_Chapter3.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/6/0723047_Chapter4.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/7/0723047_Chapter5.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/8/0723047_Conclusion.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/9/0723047_Cover.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/10/0723047_References.pdf
http://repository.maranatha.edu/5280/
contents Rumah belajar Daniel merupakan salah satu perusahaan jasa yang menyediakan jasa bimbingan belajar bagi siswa dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi (PT). Permasalahan yang terjadi pada Rumah Belajar Daniel yaitu adanya penurunan jumlah siswa khususnya untuk kelas XII regular serta keluhan mengenai ketidakpuasan yang dirasakan terhadap fasilitas yang kurang mendukung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Belajar Daniel. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode servqual yang digabung dengan beberapa metode seperti model Kano yang digunakan untuk mengetahui atribut yang dianggap penting oleh pelanggan, fault tree analysis (FTA) untuk mengetahui penyebab dari kegagalan yang terjadi, dan failure mode and effect analysis (FMEA) yang digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap. Pada awalnya dibuat variabel-variabel penelitian yang akan digunakan dalam melakukan penelitian dan melakukan pembuatan kuesioner. Variabel dan kuesioner tersebut kemudian diuji validitas konstruk dengan menanyakan kepada para ahli, dimana pada penelitian ini dilakukan kepada para dosen. Setelah validitas konstruk, dilakukan penyebaran kuesioner sebanyak 30 buah untuk dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan penyebaran kuesioner lanjutan untuk mendapatkan data pengolahan. Penyebaran kuesioner diberikan kepada 82 siswa kelas XII regular di Rumah Belajar Daniel. Hasil pengolahan dari GAP 5 menunjukkan adanya 36 pernyataan yang tidak memuaskan pelanggan, pengolahan GAP 1 menunjukkan 31 pernyataan, dimana pihak manajemen tidak mengetahui harapan konsumen, pengolahan gap 2 menunjukkan GAP sebanyak 8 pernyataan, pengolahan gap 3 menunjukkan GAP sebanyak 8 pernyataan, pengolahan gap 4 menunjukkan GAP sebanyak 3 pernyataan. Pengolahan model Kano menghasilkan 10 pernyataan yang termasuk dalam tiga kategori prioritas (M, O, dan A) yang akan digunakan dalam pembuatan FTA. Penyebab kegagalan ditemukan dengan menggunakan FTA dan terdapat 10 FTA yang dibuat berdasarkan hasil GAP 5 dan hasil kano, setelah pembuatan FTA lalu dilanjutkan dengan membuat FMEA. Dari FMEA didapat penyebab kegagalan potensial yang menjadi prioritas dalam melakukan perbaikan adalah sulitnya sarana angkutan umum untuk menjangkau lokasi Rumah Belajar Daniel, dengan nilai RPN 360. Usulan yang dapat diberikan yaitu membuat shuttle di lokasi yang dilalui sarana angkutan umum, membagi kelas sesuai dengan tingkat kepintaran siswa, penggunaan Quantum Learning, membuat buku rumus cepat, pembagian siswa ke dalam kelas sesuai dengan kapasitas kelas, melakukan perbaikan ruang kelas, membuat jadwal rutin untuk pembersihan ruang kelas, membuat jadwal rutin untuk pembersihan toilet, membuat peraturan dan motivasi mengenai kebersihan lingkungan rumah Belajar Daniel, menyediakan tempat sampah di depan ruang kelas, melakukan penelitian untuk meja belajar yang ergonomis, menyewakan lahan untuk penyediaan kantin, menyediakan kotak saran, menyediakan sms center untuk pengaduan mengenai pelayanan, melakukan komunikasi dengan konsumen (siswa), dan melakukan komunikasi dengan karyawan.
id IOS3452.5280
institution Universitas Kristen Maranatha
institution_id 45
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha
library_id 530
collection Maranatha Repository System
repository_id 3452
subject_area Ekonomi
Kesehatan dan Kedokteran
Program Komputer dan Teknologi Informasi
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3452
first_indexed 2016-09-24T07:21:39Z
last_indexed 2016-09-24T07:21:39Z
recordtype dc
_version_ 1764511375207432192
score 17.13294