Analisis Tingkat Kepuasan Siswa SMA Kelas XII Di Rumah Belajar Daniel Dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual), Model Kano, FTA, dan FMEA
ctrlnum |
5280 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Analisis Tingkat Kepuasan Siswa SMA Kelas XII Di Rumah Belajar Daniel Dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual), Model Kano, FTA, dan FMEA</title><creator>Samosir, Maya Indriyani ( 0723047 )</creator><subject>T Technology (General)</subject><description> Rumah belajar Daniel merupakan salah satu perusahaan jasa yang menyediakan jasa bimbingan belajar bagi siswa dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi (PT). Permasalahan yang terjadi pada Rumah Belajar Daniel yaitu adanya 
penurunan jumlah siswa khususnya untuk kelas XII regular serta keluhan mengenai ketidakpuasan yang dirasakan terhadap fasilitas yang kurang mendukung. 
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Belajar Daniel. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode servqual yang digabung dengan beberapa metode seperti model Kano yang digunakan untuk mengetahui atribut yang dianggap penting oleh pelanggan, fault 
tree analysis (FTA) untuk mengetahui penyebab dari kegagalan yang terjadi, dan failure mode and effect analysis (FMEA) yang digunakan untuk menentukan 
prioritas perbaikan. 
Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap. Pada awalnya dibuat variabel-variabel penelitian yang akan digunakan dalam melakukan penelitian dan melakukan pembuatan kuesioner. Variabel dan kuesioner tersebut kemudian diuji validitas konstruk dengan menanyakan kepada para ahli, dimana pada penelitian ini dilakukan kepada para dosen. Setelah validitas konstruk, dilakukan penyebaran kuesioner sebanyak 30 buah untuk dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan penyebaran kuesioner lanjutan untuk mendapatkan data 
pengolahan. Penyebaran kuesioner diberikan kepada 82 siswa kelas XII regular di Rumah Belajar Daniel. 
Hasil pengolahan dari GAP 5 menunjukkan adanya 36 pernyataan yang tidak memuaskan pelanggan, pengolahan GAP 1 menunjukkan 31 pernyataan, dimana pihak manajemen tidak mengetahui harapan konsumen, pengolahan gap 2 menunjukkan GAP sebanyak 8 pernyataan, pengolahan gap 3 menunjukkan GAP sebanyak 8 pernyataan, pengolahan gap 4 menunjukkan GAP sebanyak 3 pernyataan. 
Pengolahan model Kano menghasilkan 10 pernyataan yang termasuk dalam tiga kategori prioritas (M, O, dan A) yang akan digunakan dalam pembuatan FTA. 
Penyebab kegagalan ditemukan dengan menggunakan FTA dan terdapat 10 FTA yang dibuat berdasarkan hasil GAP 5 dan hasil kano, setelah pembuatan FTA lalu 
dilanjutkan dengan membuat FMEA. Dari FMEA didapat penyebab kegagalan potensial yang menjadi prioritas dalam melakukan perbaikan adalah sulitnya sarana angkutan umum untuk menjangkau lokasi Rumah Belajar Daniel, dengan nilai RPN 360. 
Usulan yang dapat diberikan yaitu membuat shuttle di lokasi yang dilalui sarana angkutan umum, membagi kelas sesuai dengan tingkat kepintaran siswa, 
penggunaan Quantum Learning, membuat buku rumus cepat, pembagian siswa ke dalam kelas sesuai dengan kapasitas kelas, melakukan perbaikan ruang kelas, membuat jadwal rutin untuk pembersihan ruang kelas, membuat jadwal rutin untuk pembersihan toilet, membuat peraturan dan motivasi mengenai kebersihan lingkungan rumah Belajar Daniel, menyediakan tempat sampah di depan ruang 
kelas, melakukan penelitian untuk meja belajar yang ergonomis, menyewakan lahan untuk penyediaan kantin, menyediakan kotak saran, menyediakan sms center untuk pengaduan mengenai pelayanan, melakukan komunikasi dengan konsumen (siswa), dan melakukan komunikasi dengan karyawan. </description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/1/0723047_Abstract_TOC.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/2/0723047_Appendices.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/3/0723047_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/4/0723047_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/5/0723047_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/6/0723047_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/7/0723047_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/8/0723047_Conclusion.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/9/0723047_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/5280/10/0723047_References.pdf</identifier><identifier> Samosir, Maya Indriyani ( 0723047 ) (2011) Analisis Tingkat Kepuasan Siswa SMA Kelas XII Di Rumah Belajar Daniel Dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual), Model Kano, FTA, dan FMEA. Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha. </identifier><relation>http://repository.maranatha.edu/5280/</relation><recordID>5280</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Samosir, Maya Indriyani ( 0723047 ) |
title |
Analisis Tingkat Kepuasan Siswa SMA Kelas XII Di Rumah Belajar Daniel Dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual), Model Kano, FTA, dan FMEA |
publishDate |
2011 |
topic |
T Technology (General) |
url |
http://repository.maranatha.edu/5280/1/0723047_Abstract_TOC.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/2/0723047_Appendices.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/3/0723047_Chapter1.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/4/0723047_Chapter2.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/5/0723047_Chapter3.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/6/0723047_Chapter4.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/7/0723047_Chapter5.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/8/0723047_Conclusion.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/9/0723047_Cover.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/10/0723047_References.pdf http://repository.maranatha.edu/5280/ |
contents |
Rumah belajar Daniel merupakan salah satu perusahaan jasa yang menyediakan jasa bimbingan belajar bagi siswa dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi (PT). Permasalahan yang terjadi pada Rumah Belajar Daniel yaitu adanya
penurunan jumlah siswa khususnya untuk kelas XII regular serta keluhan mengenai ketidakpuasan yang dirasakan terhadap fasilitas yang kurang mendukung.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Belajar Daniel. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode servqual yang digabung dengan beberapa metode seperti model Kano yang digunakan untuk mengetahui atribut yang dianggap penting oleh pelanggan, fault
tree analysis (FTA) untuk mengetahui penyebab dari kegagalan yang terjadi, dan failure mode and effect analysis (FMEA) yang digunakan untuk menentukan
prioritas perbaikan.
Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap. Pada awalnya dibuat variabel-variabel penelitian yang akan digunakan dalam melakukan penelitian dan melakukan pembuatan kuesioner. Variabel dan kuesioner tersebut kemudian diuji validitas konstruk dengan menanyakan kepada para ahli, dimana pada penelitian ini dilakukan kepada para dosen. Setelah validitas konstruk, dilakukan penyebaran kuesioner sebanyak 30 buah untuk dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan penyebaran kuesioner lanjutan untuk mendapatkan data
pengolahan. Penyebaran kuesioner diberikan kepada 82 siswa kelas XII regular di Rumah Belajar Daniel.
Hasil pengolahan dari GAP 5 menunjukkan adanya 36 pernyataan yang tidak memuaskan pelanggan, pengolahan GAP 1 menunjukkan 31 pernyataan, dimana pihak manajemen tidak mengetahui harapan konsumen, pengolahan gap 2 menunjukkan GAP sebanyak 8 pernyataan, pengolahan gap 3 menunjukkan GAP sebanyak 8 pernyataan, pengolahan gap 4 menunjukkan GAP sebanyak 3 pernyataan.
Pengolahan model Kano menghasilkan 10 pernyataan yang termasuk dalam tiga kategori prioritas (M, O, dan A) yang akan digunakan dalam pembuatan FTA.
Penyebab kegagalan ditemukan dengan menggunakan FTA dan terdapat 10 FTA yang dibuat berdasarkan hasil GAP 5 dan hasil kano, setelah pembuatan FTA lalu
dilanjutkan dengan membuat FMEA. Dari FMEA didapat penyebab kegagalan potensial yang menjadi prioritas dalam melakukan perbaikan adalah sulitnya sarana angkutan umum untuk menjangkau lokasi Rumah Belajar Daniel, dengan nilai RPN 360.
Usulan yang dapat diberikan yaitu membuat shuttle di lokasi yang dilalui sarana angkutan umum, membagi kelas sesuai dengan tingkat kepintaran siswa,
penggunaan Quantum Learning, membuat buku rumus cepat, pembagian siswa ke dalam kelas sesuai dengan kapasitas kelas, melakukan perbaikan ruang kelas, membuat jadwal rutin untuk pembersihan ruang kelas, membuat jadwal rutin untuk pembersihan toilet, membuat peraturan dan motivasi mengenai kebersihan lingkungan rumah Belajar Daniel, menyediakan tempat sampah di depan ruang
kelas, melakukan penelitian untuk meja belajar yang ergonomis, menyewakan lahan untuk penyediaan kantin, menyediakan kotak saran, menyediakan sms center untuk pengaduan mengenai pelayanan, melakukan komunikasi dengan konsumen (siswa), dan melakukan komunikasi dengan karyawan. |
id |
IOS3452.5280 |
institution |
Universitas Kristen Maranatha |
institution_id |
45 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha |
library_id |
530 |
collection |
Maranatha Repository System |
repository_id |
3452 |
subject_area |
Ekonomi Kesehatan dan Kedokteran Program Komputer dan Teknologi Informasi |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3452 |
first_indexed |
2016-09-24T07:21:39Z |
last_indexed |
2016-09-24T07:21:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764511375207432192 |
score |
17.13294 |