Daftar Isi:
  • Atribut-atribut yang melekat pada suatu produk khususnya produk “Internet of Things” (IoT) memiliki pengaruh pada pengalaman fungsional maupun emosional penggunanya sehingga pada akhirnya memengaruhi minal beli terhadap produk yang bersangkutan. Saat ini hampir semua pemilik kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat menggunakan aplikasi GPS Navigasi. Pengalaman fungsional merupakan penilaian pelanggan yang rasional yang meliputi manfaat secara fungsional yang mereka dapatkan dari penggunaan suatu produk. Pengalaman emosional terhadap suatu produk bisa berbentuk kepercayaan, harga diri, kedekatan dan menanamkan nilai yang tidak hanya berbentuk nilai fungsional semata. Dalam penelitian ini variabel independen yang diteliti ada 6 yaitu: konektivitas, interaktivitas, rasa kehadiran, kecerdasan, kenyamanan, keamanan, sedangkan variabel mediasi yang digunakan adalah pengalaman fungsional dan pengalaman emosional, dan variabel dependen yang digunakan adalah minat beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian causal explanatory. Dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan analisis yang dilakukan dengan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut konektivitas, interaktivitas, dan kecerdasan tidak berpengaruh terhadap pengalaman fungsional konsumen, serta atribut rasa kehadiran, interaktivitas, dan kenyamanan tidak berpengaruh terhadap pengalaman emosional, sedangkan pengalaman emosional sebagai variabel mediasi berpengaruh positif pada minat beli. Hanya atribut keamanan yang berpengaruh positif terhadap pengalaman fungsional dan emosional konsumen pada aplikasi GPS Navigasi.