Daftar Isi:
  • Pada masa sekarang ini persaingan bisnis restoran semakin ketat. Salah satu kunci keberhasilan suatu restoran adalah mampu memberikan kualitas pelayanan dan makanan dengan baik sehingga dapat memuaskan pelanggannya dan membuat pelanggan untuk mengunjungi restoran kembali. kualitas pelayanan terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan makanan terhadap kepuasan konsumen dan retensi pelanggan. Berdasarkan tujuan penelitian maka jenis penilitian ini adalah causal explanatory. Survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 140 responden. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 25 %. Terdapat pengaruh signifikan antara kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 11,6%. Terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap retensi konsumen sebesar 27,3%. Terdapat pengaruh signifikan antara kepuasan konsumen terhadap retensi konsumen sebesar 3,2%. Dan kepuasan konsumen yang memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dan retensi pelanggan.