Daftar Isi:
  • Merek adalah faktor penting yang dilihat konsumen ketika membeli produk. Konsumen akan memilih merek yang menurutnya bagus dan dapat dipercaya. Kualitas produk tergantung dari teknologi yang digunakan. Setiap perusahaan memiliki citra merek yang berbeda di benak konsumen. Semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin baik pula produk yang dihasilkan. Persaingan yang semakin ketat mendorong perusahaan melakukan inovasi dan memberikan pelayanan yang lebih dibandingkan perusahaan lain yang memiliki produk sejenis. Perusahaan harus mempertahankan pelanggan yang loyal, karena merupakan salah satu asset perusahaan yang penting dalam jangka panjang. Perusahaan harus membangun kepercayaan konsumen, karena kepercayaan memengaruhi konsumen melakukan pembelian. Jika konsumen tidak memiliki kepercayaan terhadap merek maka konsumen ragu untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah terdapat pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen dengan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan dengan metode survei menggunakan instrumen kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling berjumlah 160 responden, kemudian data dianalisis menggunakan regresi dengan mediasi (Path Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh terhadap minat beli konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi.