Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Bersaing merupakan hal yang harus dilakukan agar perusahaan dapat terus bertahan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Saat ini, sarana transportasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia karena merupakan sarana untuk melakukan perpindahan.Yamaha Indonesia adalah salah satu produsen sepeda motor yang menyediakan semua produk untuk berbagai kalangan dengan produknya yang canggih dan modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha. Data dari penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha yang sedang menggunakan atau pernah menggunakan motor Yamaha. Sampel diambil dengan cara metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dioleh dengan SPSS 23.0. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Brand Image bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor Yamaha sebesar 47,2%, sedangkan sisanya sebesar 52,8%, dijelelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian secara parsial, dimensi kualitas produk dan brand image masing-masing berpengaruh terhadap keputusan pembelian, masingmasing berkorelasi sebesar 66,8% dan 64,2%.