Daftar Isi:
  • Peranan etika lingkungan dalam perusahaan menjadi salah satu upaya untuk melestarikan lingkungan. Tetapi, saat ini perusahaan menetapkan harga tinggi untuk suatu produk yang ramah lingkungan. Pencantuman eco labeling dalam produk green innovation menjadi suatu keharusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel etika lingkungan perusahaan, green product innovation, dan green process innovation terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna konsumen dari perusahaan kosmetik yang melaksanakan green product innovation dan metode sampling menggunakan metode simple random sampling dengan ukuran sample 160 orang. Teknik analisis menggunakan model regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika lingkungan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, green product innovation berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, green process innovation berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing.