Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, dan Persepsi Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek pada Pengguna Produk iPhone di Kalangan Mahasiswa Program Studi S1 Manajejem Universitas Krsiten Maranatha
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis adanya pengaruh kepuasan pelanggan, citra merek, dan persepsi kualitas merek terhadap loyalitas merek pada produk Apple. Berdasarkan tujuan penelitian maka tujuan penelitian ini adalah Causal Explanatory. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha dengan mengambil sampel sebanyak 205 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling dan menggunakan purposive sampling. Dengan tingkat signifikansi 0,295 untuk nilai kepuasan pelanggan, 0,005 untuk citra merek, dan 0,000 untuk persepsi kualitas merek, maka hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek, sedangkan untuk citra merek dan persepsi kualitas merek terdapat pengaruhnya terhadap loyalitas merek. Diharapkan penelitian lain melakukan penelitian dengan model penelitian yang berbeda dari yang telah dilakukan oleh peneliti di dalam penelitian ini serta menggunakan variabel yang berbeda atau dapat menambahkan beberapa variable baru ke dalam penelitian seperti melakukan studi terhadap iPhone melalui variabel lain yang dapat memengaruhi loyalitas merek konsumen, diantaranya mengenai faktor kepuasan pelanggan, citra merek, dan persepsi kualitas merek.