Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Spare Part Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Bengkel "X" Tahun 2017-2018)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga spare part terhadap kepuasan konsumen bengkel PT X, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini termasuk jenis penelitian causal explanatory, karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari mengapa dan bagaimana satu variabel mampu mempengaruhi variabel lainnya. Penelitian ini dilakukan pada pengguna jasa bengkel dealer motor. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah sebuah bengkel dealer motor yang berlokasi di Bandung (Bengkel “X”). Dalam penelitian ini, populasinya adalah konsumen Bengkel “X”. Penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Dalam hal ini penulis mengambil sampel berdasarkan pengamatan dilapangan terhadap konsumen Bengkel “X”. Pengumpulan data dilakukan dengan survey (interview) dan kuesioner (angket). Berdasarkan hasil perhitungan, secara simultan, kualitas pelayanan dan harga spare part memiliki pengaruh yang kuat terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi nilai kualitas pelayanan dan harga spare part yang dimiliki oleh Bengkel “X”, maka semakin tinggi pula nilai Kepuasan konsumen. Pengujian hipotesis kualitas pelayanan dan harga spare part terhadap kepuasan konsumen pegawai secara simultan diperoleh kesimpulan bahwa berpengaruh positif dan signifikan terhadap dengan total pengaruh sebesar 66.6%