Daftar Isi:
  • Suki ‘n Friends merupakan salah satu restoran suki yang berdiri pada tahun 2011 dan berada di Jalan Karapitan no.60, Bandung. Suki ‘n Friends mengalami penurunan omzet penjualan pada tahun 2016 dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar 43%. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dipentingkan oleh konsumen dalam mengunjungi restoran suki, menentukan segmentation, targeting, positioning, mengetahui posisi Suki ‘n Friends dibandingkan pesaingnya, mengetahui tingkat kinerja Suki ‘n Friends dan mengusulkan strategi pemasaran kepada Suki ‘n Friends. Variabel penelitian disusun berdasarkan bauran pemasaran 7P yaitu product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence dengan jumlah variabel sebanyak 51 variabel. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Pengumpulan data melalui kuesioner dilakukan sebanyak 2 kali kepada konsumen yang sudah pernah mengunjungi Suki ‘n Friends. Pertama yaitu penyebaran kuesioner pendahuluan kepada 30 responden dalam mengunjungi restoran suki. Setelah itu dilakukan persentase tingkat kepentingan yang menyisakan 46 variabel yang dipentingkan oleh konsumen dan menentukan pesaing. Kedua yaitu penyebaran kuesioner penelitian kepada 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yang bertujuan untuk mengetahui profil konsumen, posisi Suki ‘n Friends dibandingkan dengan pesaingnya, tingkat kepentingan dan kinerja Suki’n Friends. Pengolahan data hasil kuesioner penelitian untuk menentukan tingkat kepentingan dan kinerja diolah dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis, Uji Hipotesis untuk mengetahui variabel 7P mana yang memuaskan dan tidak memuaskan bagi konsumen dan untuk pemberian peringkat Suki ‘n Friends dengan pesaingnya menggunakan metode Correspondence Analysis. Kemudian dilakukan prioritas perbaikan usulan dengan membandingkan hasil CA, IPA dan Uji Hipotesis yang dikaitkan dengan hasil analisis STP (Segmentation, Targeting dan Positioning) Suki ‘n Friends. Target dari Suki ‘n Friends adalah pria dan wanita yang berumur 20-30 yang berprofesi sebagai mahasiswa dan karyawan swasta, berpenghasilan Rp. 2.000.000 - Rp. 5.000.000 yang berada di Bandung Kota. Dengan positioning sebagai restoran suki yang harganya murah tapi kualitas tidak murahan sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan. Dari hasil penelitian yang ada, diberikan usulan strategi untuk Suki ‘n Friends berdasarkan penggabungan usulan perbaikan CA, IPA dan Uji Hipotesis Ketidakpuasaan diantaranya menambah varian suki, menambah beberapa titik lampu agar terang, membuat promosi happy hour pada pukul 13.00 - 16.00, mengganti alat steamboat agar praktis, merubah desain interior restoran dengan konsep berbau budaya jepang, memberikan daya tarik iklan dimedia sosial seperti instagram dan membuat website Suki ‘n Friends.