Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Konsumen Studi pada Pengguna Handphone Lenovo di Kalangan Mahasiswa S1 Ekonomi Universitas Kristen Maranatha
Daftar Isi:
- Di era globalisasi ini, pesatnya kemajuan teknologi yang semakin canggih ditunjukkan dengan berbagai penemuan dan inovasi yang kompleks pada produk handphone. Diperlukan suatu strategi yang tepat untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Salah satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan menambah nilai suatu produk melalui merek. Ketika merek menghasilkan ekuitas mereka maka hal tersebut akan menguatkan daya tarik konsumen terhadap produk tersebut. Lenovo merupakan suatu merek handphone yang sedang berkembang pesat saat ini karena selalu memberikan pembaharuan software sehingga konsumen mendapat kualitas yang baik. Dengan demikian dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh ekuitas merek handphone Lenovo terhadap loyalitas konsumen. Data dikumpulkan melalui survei langsung. Sampel yang diambil adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Kuesioner yang disebarkan 85 dengan tingkat pengembalian 100%. Dari hipotesis yang diajukan pada penelitian ini, didapatkan bahwa Ekuitas Merek berpengaruh sebesar 38,2% terhadap Loyalitas Konsumen dimana faktor-faktor yang berkaitan dengan Ekuitas Merek produk handphone Lenovo terdiri dari Brand Awareness (Kesadaran Merek), Brand Loyality (Loyalitas Merek), Perceived Quality (Kualitas Merek) dan Brand Association (Asosiasi Merek) dan 61,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti promosi dan kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana didapatkan persamaan yaitu Y = 1.117 + 0.146X + e, menunjukkan bahwa variabel X (Ekuitas Merek) berpengaruh positif terhadap variabel Y (Loyalitas Konsumen).