Daftar Isi:
  • Dalam era globalisasi saat ini, teknologi sudah sangat berkembang pesat, seperti dalam bidang trasportasi yang begitu banyak menawarkan berbagai kendaraan yang dapat menunjang perjalanan untuk dapat sampai ke tempat tujuan. Salah satunya pesawat yang adalah transportasi yang sudah menjadi pilihan utama masyarakat jika hendak bepergian jauh. Oleh sebab itu, para pengusaha dalam bidang transportasi udara berusaha untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya dan juga memberikan berbagai penawaran yang menarik bagi para pelanggannya. Maka peneliti ingin menguji seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan menggunakan salah satu maskapai penerbangan yaitu AirAsia. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan sebanyak 152 pertanyaan kepada mahasiswa yang menggunakan maskapai AirAsia dengan tingkat pengembalian sebesar 100%. Jenis penelitian yang digunakan adalah causal explanatory. Populasi masyarakat kota bandung yang pernah menggunakan maskapai AirAsia. Sampelnya para mahasiswa yang pernah menggunakan maskapai penerbangan AirAsia. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. teknik yang digunakan untuk menganalisi data dalam penelitian ini menggunakan metode statistika yaitu regresi. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut yaitu terdapat pengaruh simultan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 38,6% sedangkan sisanya yaitu 62,4% dipengaruhi oleh faktor lain.