Pengaruh Citra Merek Simpati terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus di FE Program Studi Manajemen Universitas Kristen Maranatha Bandung)
Daftar Isi:
- Di zaman yang serba modern ini perkembangan teknologi semakin maju dengan cepat. Hal ini memberikan angin segar bagi perusahaan dalam usaha pengembangan produknya. Seperti pada industri penyedia layanan jasa untuk provider kartu SIM yang merupakan kebutuhan untuk dapat melakukan berbagai kegiatan komunikasi melalui handphone (Hp). Banyak pihak produsen bersaing ketat untuk mendapatkan konsumennya seperti Simpati, XL, IM3, AXIS, 3, dan produk pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Citra Merek Simpati Terhadap Loyalitas Konsumen Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Kristen Maranatha Bandung”. Jenis penelitian ini adalah causal explanatory dengan populasinya adalah mahasiswa/i di kota Bandung, dan sampelnya adalah mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen yang menggunakan Simpati dengan jumlah sampel sebanyak 100 reponden. Data tersebut didapat dan diolah menggunakan SPSS 19 yaitu uji normalitas, uji outliers, uji validitas, uji reliabilitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji T, dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek berpengaruh secara positif. Keuntungan Asosiasi Merek (X1), Kekuatan Asosiasi Merek (X2) dan Keunikan Asosiasi Merek (X3) memberikan pengaruh simultan (bersama-sama) sebesar 54,4% terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Sedangkan sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati di dalam penelitian ini. Implikasi managerial yang dapat dianjurkan berdasarkan hasil penelitian ini adalah mengembangkan citra merek produk Simpati agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen dalam menggunakan produk Simpati.