Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Hotel (Studi Kasus: Hotel Cihampelas 2 Bandung)
Main Authors: | Hermawan, Melina, Dani, Furry Elzana |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Terbitan: |
Maranatha Christian University Press
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.maranatha.edu/20785/1/9.%20Kepuasan%20Konsumen.pdf http://repository.maranatha.edu/20785/ |
Daftar Isi:
- Bandung salah satu kota wisata belanja & kuliner. Kondisi tersebut menjadikan perhotelan sebagai peluang bisnis yang menarik bagi investor bidang pariwisata. Hotel Cihampelas 2 merupakan salah satu hotel berlokasi di daerah strategis pusat perbelanjaan Jl Cihampelas Bandung. Letak hotel yang strategis diharapkan memenuhi target tingkat hunian, namun pada tahun 2008 hingga tahun 2011 Hotel Cihampelas 2 mengalami penurunan rata-rata tingkat hunian sebesar 3,67%. Faktor kemungkinan penyebab penurunan rata-rata tingkat hunian adanya ketidakpuasan konsumen dan pihak hotel belum mengetahui faktor pemilihan hotel oleh konsumen. Metode penelitian digunakan pendekatan survey untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap Hotel Cihampelas 2, keunggulan kelemahan Hotel Cihampelas 2 terhadap pesaingnya yaitu Hotel Amaris serta membandingkan faktor pemilihan hotel responden Hotel Cihampelas 2 dengan responden Hotel Mutiara pada penelitian terdahulu berdasarkan bauran pemasaran jasa 7P. Pengolahan menggunakan Importance Performance Analysis, Uji Hipotesis Ketidakpuasan serta Correspondence Analysis. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara umum responden memilih hotel mengutamakan layanan sarana transportasi, kestrategisan letak hotel dan hotel yang dilalui sarana transportasi umum. Responden menginap bertujuan wisata bersama keluarga. Hotel Cihampelas 2 dapat memposisikan sebagai hotel keluarga bernuansa tradisional dan perlu memperbaiki variabel-variabel yang belum memuaskan konsumen dan variabel yang tertinggal dibandingkan hotel pesaingnya, dengan target pasar konsumen tujuan berwisata bersama keluarga.