Daftar Isi:
  • Di era modern seperti sekarang olah raga merupakan suatu kebutuhan yang tidak mengenal umur maupun status. Bagi seorang marketing ini merupakan suatu kesempatan meraih konsumen sebanyak mungkin dengan memanfaatkan ilmu ilmu yang di terapkan khususnya di bidang marketing management demi mencapai tujuan akhir yaitu keloyalitasan. Seiring berjalannya waktu gym telah banyak berkembang di banyak kota baik besar maupun kecil. Pasar konsumennya juga sangat besar baik itu kalangan anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran, ibu rumah tangga hingga lansia. Service failure sendiri merupakan kegagalan servis yang terjadi baik secara internal maupun eksternal yang terjadi di lingkungan gym tersebut. Saat terjadi service failure ini maka perlu di lakukan antisipasi cepat yaitu service recovery untuk mengembalikan kepercayaan konsumen terhadap gym tersebut.dengan melihat pentingnya service recovery untuk mencapai keloyalitasan yang di mediasi pendapat konsumen sebagai variabel mediasi, maka penulis menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mencari tingkat keloyalitasan konsumen dengan mengambil sampel sebanyak 144 responden. Dengan tingkat pengembalian 100%. Di peroleh hasil bahwa service recovery, costumer satisfaction dan interaksi antara service recovery dengan costumer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap consumer loyalty.