Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matik Honda Beat (Studi pada: Mahasiswa S-1 Manajemen Universitas Kristen Maranatha Bandung)
Daftar Isi:
- Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek transportasi khususnya sepeda motor pendatang baru, Honda yang sudah lama berada di Indonesia dengan segala keunggulannya, tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan angkutan yang tangguh, irit dan ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh harga dan promosi pada keputusan pembelian, yang dimoderasi oleh variabel demografi, meliputi jenis kelamin, usia, dan angkatan pendidikan pada mahasiswa Manajemen S-1 Universitas Kristen Maranatha Bandung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner sebanyak 200 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari dua hipotesis yang diajukan dalam penelitian, harga dan promosi mempunyai pengaruh pada keputusan pembelian konsumen, namun variabel promosi memberikan pengaruh yang lebih kuat terhadap keputusan pembelian konsumen dibanding dengan harga. Implikasi manajerial yang dapat diajukan berdasarkan hasil penelitian adalah mampu mempertahankan dan meningkatkan faktor dari setiap segi pemasaran guna menyusun strategi meningkatkan volume penjualan.