Pengaruh Store Atmosphere Factors pada Approach Behavior: Perceived Service Quality Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada: Konsumen Yogya Riau Junction)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari Faktor-Faktor Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan yang Dipersepsikan pada Perilaku Pendekatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 4 fenomena yaitu: (1) Perilaku konsumen yang beranekaragam; (2) Konsumen pada saat ini cenderung tidak loyal; (3) Store Atmosphere dan kualitas pelayanan sebagai alat untuk menarik konsumen dan meningkatkan keuntungan; (4) Lingkungan tempat berbelanja memiliki pengaruh pada persepsi konsumen berdasarkan faktor situasi atau pengalaman yang dirasakan. Penelitian ini mengacu pada penelitian yang telah dilakukan oleh Chen dan Hsieh (2010) mengenai “The Effect of Atmosphere on Customer Perceptions and Customer Behavior Responses in Chain Store Supermarkets”. Data penelitian diambil dengan cara penyebaran kuesioner kepada 600 responden dengan objek penelitian di Yogya Riau Junction. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di Yogya Riau Junction, sementara kriteria sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung dan berbelanja di Yogya Riau Junction. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi dengan mediasi. Dari hasil uji regresi menunjukan bahwa Faktor-Faktor dari Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan yang Dipersepsikan berpengaruh pada Perilaku Pendekatan.