Daftar Isi:
  • Universitas sebagai salah satu perusahaan jasa harus membangun dan mempertahankan brand equity yang baik. Dimensi brand equity terdiri dari lima dimensi yaitu performance, social image, value, trustworthiness dan commitment (Lassar, Sharma dan Mittal, 1995). Sasaran penelitan ini adalah melakukan penilaian bran equity pada dua Universitas. Kedua Universitas tersebut yaitu Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Parahyangan. Penelitian ini dilakukan di Bandung dengan menggunakan 198 responden yang menggunakan jasa pendidikan. Sedangkan karakteristik yang digunakan yaitu nama, usia, jenis kelamin, universitas, fakultas, jurusan dan angkatan. Metode analisis yang digunakan adalah metode statistik mean (rata-rata hitung) dengan menggunakan SPSS versi 12.0. Selain itu, instrument penelitian diadopsi dari Lassar, et al. (1995). Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan akhir yang dapat diambil adalah Universitas Kristen Maranatha sebagai peringkat kesatu dengan memiliki total brand equity yaitu sebesar 65.2856 dan peringkat kedua adalah Universitas Kristen Maranatha dengan memiliki total brand equity yaitu sebesar 56.6393.