Strategi Desain Produk pada Dry Body Soap (Studi Kasus di Magister Manajemen Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Kebersihan diri tetap perlu dijaga walaupun konsumen sedang memiliki kesibukan sehingga tidak memiliki waktu untuk mandi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi alternatif mandi berdasarkan keinginan konsumen yang ingin menjaga penampilannya untuk tetap bersih pada saat sibuk dan tidak dapat mandi. Oleh sebab itu dirancanglah sebuah strategi desain produk sabun tanpa dibilas atau dapat dibilas dengan hanya menggunakan sedikit air yakni Dry Body Soap . Dalam menerapkan strategi desain produk, terdapat empat elemen yang perlu diperhatikan berkenaan dengan pemenuhan harapan konsumen, yaitu fungsi produk, spesifikasi produk, kualitas produk, dan harga produk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data focus group discussion untuk memperoleh informasi mengenai keinginan konsumen akan sabun tanpa dibilas. Strategi desain produk ini menggunakan str ategi Market Pull sehingga menghasilkan produk Dry Body Soap yang sesuai dengan keinginan konsumen agar mudah dibawa dan dipakai di mana dan kapan saja. Baik ketika konsumen tidak dapat mandi karena kesibukan atau pun situasi lingkungan yang kurang mendukung untuk mandi.