Daftar Isi:
  • Jajan Pasar, adalah terminologi umum untuk menyebut berbagai penganan tradisional. Jajanan pasar adalah salah satu komponen penting dalam pustaka kuliner Indonesia. Bukan saja karena jajan pasar enak rasanya atau unik warna dan penampilanya, melainkan juga karena jajan pasar sangat sarat akan unsur simbolisme atau perlambangan. Namun akhir–akhir ini sangat sulit sekali menemukan jajanan pasar di kantin sekolah, dan juga kawasan sekitar sekolah yang biasanya menjual kue basah, kini semakin jarang ditemukan. Jajanan pasar patut dilestarikan degan cara diperkenalkan kembali ke generasi muda. Dengan Desain Komunikasi Visual (DKV), jajanan pasar dapat dirancang dengan media yang efektif dan dapat menarik minat anak-anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat diketahui bahwa jajanan pasar membutuhkan media yang tepat dan efektif untuk memperkenalkan jajanan pasar untuk anak - anak dari kalangan menengah ke atas yang saat ini sudah mulai kehilangan minat terhadap jajanan pasar. Oleh karena itu penulis akan melakukan kegiatan promosi jajanan pasar melalui board game, atau permainan papan. Karena dengan bermain anak tidak hanya dapat bersenang-senang, namun juga dapat belajar dan mengenal hal-hal baru yang sebelumnya belum diketahui. Strategi komunikasi melalui permainan diharapkan dapat memberikan informasi tentang jajanan dengan cara yang tidak konvensional yaitu melalui interaksi dengan permainan maupun sesama pemain.