Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas pada Pelanggan Lawson Minimarket
Daftar Isi:
- Kualitas layanan menjadi faktor penting bagi perusahaan-perusahaan, terutama dalam bisnis ritel. Di dalam persaingan yang semakin ketat, kualitas layanan dapat menjadi keunggulan kompetitif. Jasa merupakan bentuk dari produk yang tidak memiliki bentuk ,tidak menimbulkan kepemilikan dan tidak tahan lama. Oleh karena itu, sulit bagi konsumen untuk menilai kualitas suatu jasa. Salah satu alat ukur yang dapat digunakan untuk menilai kualitas suatu jasa adalah kualitas layanan dengan 5 dimensi SERVQUAL oleh Parasuraman. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis apakah terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Lawson minimarket .Minimarket khusunya Lawson; sebagai objek penelitian. Untuk pengumpulan data penelitian, diambil 180 responden Lawson minimarket dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Dimana sampel dipilih dengan syarat-syarat yang dipandang memiliki ciri-ciri esensial yang relevan dengan penelitian. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier sederhana, dengan disertai uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini juga didukung oleh hasil penelitian sebelumnya dengan hasil penelitian yang sama yaitu pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen. Dengan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan berperan dalam membangun loyalitas konsumen.