Pengaruh Kualitas Pelayanan Paket Dalam Negeri Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT.Pos Indonesia Cabang Asia Afrika Bandung
Daftar Isi:
- Penilaian Kualitas Pelayanan Paket dalam Negeri ditinjau dari lima dimensi, yaitu: tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance. Dari penelitian diketahui besarnya nilai koefisien korelasi Pearson antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan adalah 0,564. Nilai koefisien korelasi ini jika dibandingkan dengan kriteria Guilford menunjukkan hubungan yang sedang/cukup erat. Kemudian didapat besaran koefisien determinasi sebesar 31,81% yang berarti sebesar 31,81% dari loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, dan sisanya sebesar 68,18% berarti loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif dan verifikatif, tipe penelitian ini adalah tipe penelitian korelasional dan kausalitas. Unit analisis penelitian ini adalah individual, yaitu para pelanggan PT. Pos Indonesia Cabang Asia Afrika Bandung Bagian Paket dalan Negeri. PT. Pos Indonesia Cabang Asia Afrika Bandung adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis komunikasi di Bandung yang fokus utamanya adalah paket. Perusahaan yang bergerak dibidang pengiriman paket maupun perusahaan yang bergerak di bidang jasa, seperti halnya PT.Pos dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Melalui kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan para pelanggan, maka diharapkan akan terbentuk loyalitas pelanggan yang merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan.