Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Argapuri Bandung
Daftar Isi:
- Indonesia memiliki kekayaan alam yang indah sangat mendukung berkembangnya sektor kepariwisataan. Dengan berkembangnya sektor pariwisata ini, usaha sarana pariwisata semakin berkembang. Salah satunya adalah usaha perhotelan, di mana usaha perhotelan dewasa ini bukan hanya untuk keperluan kepariwisataan tetapi tidak dapat digunakan untuk keperluan lain sehingga tidak dapat dihindarkan lagi, persaingan pun semakin ketat. Dalam penelitian ini penulis mempergunakan metode survei yang tujuannya untuk mengetahui sikap dan tanggapan konsumen terhadap kualitas jasa yang diberikan hotel dan apakah telah memenuhi harapannya serta pengaruh kualitas jasa yang diberikan oleh hotel terhadap tingkat kepuasaan konsumen Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis yang memaparkan secara terstruktur, faktual dan aktual mengenai fakta-fakta, sifat serta korelasi antara variabel yang diselidiki. Untuk mengetahui keeratan hubungan antara kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen digunakan uji statistik non parametrik dengan menggunakan korelasi rank spearman (r") . Di mana hasil dari penelitian maka di peroleh nilai rs sebesar 0,95 (95%) yang berarti ada hubungan yang kuat dan menuju sempurna dan koefisien determinasi sebesar 0,9025 (90,25%) dimana hal ini menunjukkan bahwa jika kualitas jasa meningkat maka kepuasan konsumen juga akan meningkat dan sebaliknya jika kualitas jasa menurun maka kepuasan konsumen juga akan menurun, sedangkan sisanya sebesar 0,0975 (9,75%) adalah disebabkan karena faktor-faktor lainnya di luar kualitas jasa. Untuk itu disarankan agar perusahaan harus berusaha meningkatkan kualitas jasanya sehingga perusahaan dapat memuaskan konsumennya dan mempunyai kemampuan untuk bersaing dengan resort hotel lainnya.