Daftar Isi:
  • Rudy, 2006, pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Yohan Photo Bandung. Dalam mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, setiap perusahaan, baik perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur maupun perusahaan yang bergerak di bidang jasa, seperti halnya studio photo dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Melalui kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan para pelanggan, maka diharapkan akan terbentuk loyalitas pelanggan yang merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Atas dasar uraian diatas, maka dirasakan perlu melakukan penelitian untuk menganalisa hubungan kualitas pelayanan serta pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen di Yohan Photo. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan sekaligus dapat menggali temuan-temuan di lapangan yang dapat dijadikan dasar bagi pihak manajemen Yohan Photo dalam meningkatkan loyalitas konsumen melalui perbaikan-perbaikan atas penanganan pelayanannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey, dimana informasi responden ( para pelanggan ) dari sebagian populasi dikumpulkan langsung ditempat kejadian dengan tujuan untuk mengetahui pendapat dari sebagian populasi yang bersangkutan terhadap objek penelitian. Setelah dilakukan uji statistik dengan menggunakan koefisien regresi linear, secara keseluruhan diperoleh nilai rs = 0,5, hal ini menunjukkan bahwa antara kualitas pelayanan ( variabel x ) dan loyalitas konsumen ( variabel y ) terdapat hubungan yang cukup kuat. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa besarnya pengaruh yang diberikan oleh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 25% dan sisanya 75% adalah pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti.