Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Hotel Mutiara Bandung
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan jasa yang diberikan Hotel Mutiara berpengaruh terhadap kepuasan Tamu Hotel Mutiara, agar dapat bersaing dengan hotel-hotel lainnya dan juga untuk mengetahui fasilitas yang diberikan, pelayanan yang diberikan, variasi produk (kamar) yang diberikan, jaminan keamanan, kenyamanan, keakuratan pelayanan, ketepatan waktu, komunikasi, keramahan, penampilan karyawan, serta masukan bagi Hotel Mutiara untuk mengetahui apakah pelanggan merasa puas atau tidak dan apakah tamu Hotel Mutiara akan mengajak keluarga atau kerabatnya untuk ikut menginap di Hotel Mutiara atau tidak. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada lima puluh orang tamu Hotel Mutiara. Sedangkan data dari hasil kuisioner dianalisadengan menggunakan metode statistik korelasi spearman dan koefisien determinasi. Dengan menggunakan program SPSS versi 12.00. Penulis menggunakan metode ini untuk mengetahui korelasi antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu Hotel Mutiara . Dari hasil perhitungan koefisien korelasi Spearman diperoleh r sebesar positif 0.601 yang artinya terdapat hubungan positif yang cukup kuat dan berkorelasi sempurna antara pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu Hotel Mutiara. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Hotel Mutiara berpengaruh sebesar 36.12 %. Sedangkan sisanya sebesar 63.88 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan Hotel Mutiara secara umum berpengaruh dalam memuaskan tamu Hotel Mutiara.