Daftar Isi:
  • Pada saat ini , dimana era globalisasi telah dimulai , dunia usaha menjadi sangat ketat dan penuh dengan persaingan . Pihak perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang bisa memuaskan keinginan konsumen , agar dapat bertahan dalam iklim persaingan yang sangat ketat . Usaha di bidang rumah makan merupakan salah satu jenis usaha yang banyak sekali pesaingnya . Setiap rumah makan berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumennya , yang bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumennya , sehingga konsumen tersebut akan menjadi konsumen yang setia . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kualitas pelayanan yang diberikan Rumah Makan “ X ” kepada konsumennya , mengetahui penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Makan “ X “ , dan untuk mengetahui berapa besar hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen , yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap penjualan Rumah Makan “ X “ . Penelitian ini menggunakan metode pendekatan survei , dimana bertujuan untuk memperoleh informasi dari sebagian responden . Informasi dikumpulkan melalui kuesioner , yang menggunakan sampel sebanyak 50 orang yang dianggap mewakili populasi yang datang ke Rumah Makan “ X “ . Jenis penelitian yang digunakan aadalah deskriptif analisis , dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder . Teknik pengumpulan data melalui wawancara , kuesioner , dan kepustakaan . Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan alat uji statistik koefisien korelasi Rank Spearman . Dari hasil perhitungan , didapat rs sebesar 0,9046 yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat menuju sempurna antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen , yang berarti jika kualitas pelayanan meningkat maka kepuasan konsumen akan meningkat , begitu pula sebaliknya . Sedangkan berdasar uji signifikan , didapat nilai t hitung sebesar 14,71048643 dan nilai t tabel sebesar 1,6772 ( tingkat signifikan 5 % ) . Berdasarkan hasil perhitungan tersebut , dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya hubungan antara kualitas pelayanan yang diberikan Rumah Makan “ X “ dengan kepuasan konsumen .