Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan jasa berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yang diberikan MYTH VCD & DVD rental, agar dapat bersaing dengan rental lainnya dan juga untuk mengetahui fasilitas yang diberikan, penampilan karyawan, komunikasi, keramahan, ketepatan waktu, keakuratan pelayanan, keahlian, kenyamanan, jaminan keamanan, variasi produk yang ditawarkan, pelayanan yang diberikan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan masalah, serta masukan bagi MYTH untuk mengetahui apakah pelanggannya akan selalu kembali menyewa atau tidak, ketidaktertarikan pelanggan terhadap rental pesaing,dan apakah pelanggan akan mengajak anggota keluarga atau kerabatnya untuk ikut menyewa atau tidak. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang pelanggan MYTH VCD & DVD rental.Sedangkan data dari hasil kuesioner di analisis dengan menggunakan metode statistik korelasi Spearman dan koefisien determinasi. Dengan bantuan program SPSS versi 12.00 . Penulis menggunakan metode ini untuk mengetahui korelasi antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan pada MYTH VCD & DVD rental. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi Spearman diperoleh r sebesar positif 0,695 yang berarti bahwa terdapat hubungan positif yang cukup kuat dan berkorelasi sempurna antara pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan,dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh MYTH VCD & DVD rental berpengaruh sebesar 48,30 % terhadap loyalitas pelanggan,sedangkan sisanya sebesar 51,70 % dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil perhitungan tersebut diatas dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan oleh MYTH VCD & DVD rental secara umum berpengaruh dalam menciptakan loyalitas pelanggan.