Daftar Isi:
  • Semakin berkembangnya bisnis jasa di Indonesia menyebabkan semakin banyaknya perusahaan dalam bidang jasa bermunculan, salah satunya perusahaan maintenance cool storage. Untuk itu perusahaan perlu memilih suatu strategi untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggannya. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanannya. Dengan kualitas pelayanan yang baik diharapkan tingkat kepuasan pelanggan akan meningkat sehingga keuntungan yang diperoleh perusahaan pun dapat meningkat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan survei. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik yaitu analisis koefisien korelasi Rank Spearman. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa hubungan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan PT Mitracool Sarana Utama adalah kuat. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan korelasi yaitu sebesar r s = 0,970767174. Selain itu juga dilakukan uji hipotesa dimana t hitung > t tabel (17,15924905 > 1,7341) yang berarti H1 diterima, yang artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT Mitracool Sarana Utama terhadap kepuasan pelanggannya. Hubungan kualitas pelayanan yang diberikan PT Mitracool Sarana Utama terhadap tingkat kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh yang positif dalam arti terdapat pengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT Mitracool Sarana Utama terhadap tingkat kepuasan pelanggan, yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 94,24 % artinya persentase pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 94,24 % dan sisanya sebesar 5,76 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian diharapkan PT Mitracool Sarana Utama dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanannya agar kepuasan pelanggan juga dapat lebih meningkat.