Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pelanggan di X-Trans Travel, Bandung
Daftar Isi:
- Jasa merupakan pemberian suatu kinerja atau tindakan tak kasat mata dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya jasa diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan, dan interaksi antara pemberi jasa dan penerima jasa mempengaruhi hasil jasa tersebut. Untuk dapat memenuhi loyalitas konsumen pada industri jasa, kualitas pelayanan perlu dikelola perusahaan dengan baik sebab dari keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, pada akhirnya mengacu pada nilai yang diberikan oleh konsumen mengenai loyalitas yang dirasakan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen pada X-TRANS Travel, Bandung. Penelitian ini dilakukan di X-TRANS Travel, yang terletak di Jl. Cihampelas No. 119C dengan menggunakan 200 responden yaitu para konsumen dari X-TRANS Travel tersebut dan memenuhi syarat untuk dianalisis. Metoda analisis yang digunakan adalah metoda analisis korelasi pearson. Penilaian Kualitas Pelayanan Jasa X-TRANS Travel ditinjau dari lima dimensi, yaitu: bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan. Dari penelitian dengan menggunakan SPSS versi 11.5 diketahui besarnya nilai koefisien korelasi Pearson antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen adalah 0,261. Kemudian didapat besaran koefisien determinasi sebesar 6,81%. Terdapat faktorfaktor lain yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, diantaranya promosi penjualan (potongan harga, pemberian bonus), penjualan langsung, humas, periklanan, penetapan harga. Berdasarkan analisa statistik ternyata Ho ditolak dan Hi diterima, karena signifikansi 0,05 dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan di X-TRANS Travel, Bandung berhubungan searah positif dengan loyalitas pelanggan.