Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen Travel Service PT. Starline (Cipaganti Group) Trayek Bandung-Jakarta
Daftar Isi:
- Dewasa ini, perkembangan jasa transportasi shuttle trayek Bandung-Jakarta terus meningkat secara tajam. Hal ini menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat antara kompetitor untuk bersaing memberikan pelayanan yang terbaik dalam industri bisnis transportasi ini. Agar dapat menjadi yang terdepan dalam persaingannya, Travel Service PT. Starline (Cipaganti grup) harus semakin meningkatkan efektifitas dan efisiensinya. Terlebih lagi, perusahaan juga perlu memperhatikan kepuasan pelanggan dan perkembangan yang terjadi di dalam pasar. Pemasaran merupakan suatu jalan bagi perusahaan agar dapat menjalani persaingan dan menunjukkan kualitas yang baik dan layak dalam beberapa dimensi seperti produk, tempat, promosi, harga, orang, proses dan bentuk fisik yang dimiliki perusahaan tersebut untuk meyakinkan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif analisis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa marketing mix yang telah dilakukan oleh Travel Service PT. Starline (Cipaganti grup) belum berhasil (kurang baik) sehingga loyalitas konsumen terhadap Travel Service PT. Starline (Cipaganti grup) juga belum menunjukkan hasil yang baik. Diantara seluruh dimensi bauran pemasaran, dimensi harga yang paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.