Pengaruh Product Customization dan Brand Image terhadap Customer Loyalty (Survei pada Konsumen Bengkel BTX Concept di Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai pengaruh product customization (X1) dan brand image (X2) terhadap customer loyalty (Y) yang surveinya pada konsumen BTX Concept Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh product customization BTX Concept terhadap customer loyalty, (2) untuk mengetahui pengaruh brand image BTX Concept terhadap customer loyalty, dan (3) untuk mengetahui pengaruh product customization dan brand image BTX Concept secara simultan terhadap customer loyalty. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dan memiliki hubungan kausal karena didalamnya terdapat hubungan kausal atau sebab akibat, oleh karena itu terdapat variabel independen dan variabel dependen. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan SEM yang sampelnya berjumlah 190 responden, menghasilkan pengaruh product customization terhadap customer loyalty sebesar 2,89% dan brand image terhadap customer loyalty sebesar 59,29%. Jika kedua variabel independen digabungkan secara simultan maka akan menghasilkan pengaruh terhadap customer loyalty sebesar 83%. Kesimpulannya product customization harus digabungkan dengan brand image untuk menghasilkan pengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty.